Angku Zubir, bana tu. Tapi, kalau ada alasan yang rasional, dan tak
bertentangan dengan Islam, bagi saya masalah "uang jemputan" itu masih bisa
diterima. Kan segala sesuatunya tergantung niat. Sekarang, soal "uang
jemputan" itu tak menjadi masalah benar. Banyak juga pihak laki-laki yang
menyerahkan sejumlah uang kepada orang tua anak gadis yang dia incar, lalu
uang itu dipakai untuk "manjapuik".

O,ya, saya di Sikucur Selatan. Rumah saya si sebarang air Batang Naras. Baru
tahun lalu masuk listrik.

Tentang CSIS, rata-rata peneliti muda CSIS sekarang (generasi ketiga) orang
Minang dan Islam: Kurnya (Ekonomi, keturunan Indo Minang), Puspa (Ekonomi,
Ibu-Bapak Minang, gadang dilua), Philips Josario Vermonte (Hubungan
Internasional, Islam, istrinya berjilbab, kelahiran Philipina), dan saya
sendiri (Politik dan perubahan Sosial). Bagi saya, bekerja di CSIS bukan
lagi soal lembaga Islam atau non Islam. CSIS adalah lembaga pengkajian
paling mapan di Indonesia. Apalagi kebebasan beragama sangat dijunjung
tinggi. Ada Mushalla di tiap lantai. saya sendiri sebetulnya agak alergi
dulu, tetapi setelah mendapatkan informasi yang seimbang, serta mendapat
restu dari kalangan luar dan dalam (termasuk mendapatkan "selamat" dari Mas
Eep Saefullah Fatah dan Faisal Hasan Basri) saya masuk. Dr. Rizal Sukma
orang Aceh, sedangkan Dr. Rizal Mallarangeng orang Makassar.

Tentu di sini juga banyak non Muslim, tetapi itu bukan ukuran, karena ini
lembaga ilmiah. Stereotipe masa lalu, saya kira bukan urusan saya, karena
saya masuk CSIS tahun lalu. "Pemikiran dan peran" saya tentu mewarnai CSIS
setelah saya masuk, dan tak ada kaitannya dengan masa lalu. saya sendiri
juga aktifis muslim, sejak dulu. Hubungan saya baik sekali dengan
lembaga-lembaga Islam, termasuk aktifis muda Islam.

saya malah berpikiran, seandainya lembaga semacam CSIS ini ada di setiap
daerah, alangkah majunya Indonesia....

Nanti saya sampaikan salam angku Zubir ke Pak Jusuf dan Sofyan, dua orang
Solok itu.

Wassalam,

IJP