Kadang-kadang saya berfikir ikutan mailing list itu bagai masuk ke habitat
burung. Begitu banyak burung yang tinggal baik jenis maupun jumlahnya.

Tiap jenis memperdengarkan kicauannya masing-masing. Ada yang merdu,ada
sendu mendayu-dayu tapi ada juga yang sumbang, nyakitin telinga, merahin
kuping, panasin hati deelel.

Sebagai anggota milist tentunya tiap orang punya tipe telinga masing-masing.
Ada yang hanya suka mendengar kicauan yang merdu mendayu aja tapi ada juga
yang suka menyimak kicauan yang rada-rada miring / sumbang. Siapa tau bisa
dibetulin melodinya trus tercipta jenis kicauan baru yang lebih asyik
daripada kicauan konvensional. Disamping itu ada juga yang menanggapi
kicauan burung lain dengan kicauan yang lebih keras karena merasa kicauannya
lebih merdu.

Semuanya menciptakan harmonisasi yang unik.

Kembali ke soal Urpas, mungkin Urpas sejenis burung langka yang suka
menciptakan jenis kicauan baru yang tidak lazim dalam khasanah perburungan.
Tadinya mo bikin yang unik en trendy eh malahan nada kicauanya jadi nggak
beraturan, ngak-ngik-ngoknya bikin bulu telinga kegelian dan karenanya
burung lain pada protes "Pas, kalo mo bekicau sesuai dengan kaidah dong.
Kamu ini gimana sih?!!!"

Buat Urpas : Makanya Pas, kalo mo coba kicauan baru tu liat-liat dulu
tetangga kiri-kanan. Kalo kira-kira banyak jenis langka kayak kamu, silahkan
aja langsung tancap gas. Tapi kalo nggak ya ... resiko kena gusur.

Tapi apapun, pada saat burung-burung aneh, unik, langka berhenti atau
dilarang berkicau, atau terbang jauh tak tentu rimbanya, mungkin ada
diantara burung dihabitat itu yang akan merasa kehilangan atau habitat itu
sendiri yang kehilangan harmonisasinya alias keindahannya.

Salam,

Dessy