Waalaikum Salam Pak Arman Bahar

Hmmm,...Saya jawab langsung aja yah Pak?

Setahu kita ayat ayat Allah merupakan obat setiap penyakit,terutama penyakit hati (Bapak mgkn sdh hafal ayat Alqur'an yg menjelaskan ttg hal ini ) " Sesungguhnya Al Qur'an itu adalah obat dgn apa yg ada di dlm hati ".

Dan setahu kita lagi saat Rasulullah SAW beserta para Sahabatnya pernah bahkan sering menggunakan ayat2 Allah utk menolak kejahatan dr seseorang,spt ayat Qul 'audzubirabbilfalaq....Qul 'audzubirabbinnaas....dst..

Saya pribadi saja,klu hati saya lagi resah saya selalu baca ayat Alam Nasyrah laka Syadrak ..dst..( Bukankah Allah yg telah melapangkan hati kamu..dst..),..tapi benar2 dihayati artinya dan di baca dgn rendah hati dan permohonan yg serius pd Allah.

Disaat saya menghadapi org2 penguasa,atau pejabat,tatkala saya berurusan,atau siapa saja yg saya takuti menghadapinya saya selalu baca dulu ayat Kursi , juga ayat yg di baca nabi Sulaiman tatkala menundukkan ratu Balqis

Klu menghadapi tanya jawab,debat kusir,kita selalu serahkan kebenaran itu pd Allah,dan kita siap menerima,bila kita yg salah. Dan mohon lawan kita menerima kebenaran itu bila memang kita yg benar,Krn kita yakin sekali Firman Allah yg mengatakan " Katakanlah Wahai Muhammad,..Kebenaran itu pasti akan datang,dan yg bathil itu akan hancur ".

Satu lagi,ada baiknya kita membiasakan diri membaca nama2 Allah,krn kita yakin sekali,klu di dlm nama2 Allah tsb,terkandung segala macam apa pun yg kita inginkan,asalkan kita membaca (klu bisa di hafal,biasakan anak2 kita sejak dr kecil menghafal nama2 Allah itu,krn kassetnya ada dibuat nyanyian itu ),bukan sekedar di hafal,atau dibaca,tapi benar2 dihayati kandungan arti dr nama itu.

Dalam kehidupan kita,kita tdk akan pernah terlepas dr segala macam problema,oleh sebab itu kitapun tdk akan mgkn terlepas dr Allah.Ayat2 Allah merupakan obat dr segala macam penyakit,itulah yg kita yakini selama ini.

Utk jawaban yg lbh memuaskan lagi saya kira di surau banyak yg ahli dlm agama ini.Saya pribadi jujur mengatakan msh sgt minim.

Hanya itu saja pak Arman jawaban dr saya.sbg wanita juga yg penuh kelemahan dan kekurangan dr segala macam segi.Maaf pak,saya ngak byk ilmu dlm hal ini,kecuali keyakinan diri saja.

Mengenai kitab Imam Al Ghazali,saya kira buku2 karangan Imam Al Ghazali sgt bagus sekali,terutama utk penyakit hati,meski saya tahu terkadang pemahamannya cukup ekstrim.

Wassalam ( Cairo 1 mei 03 rahima )

Arman Bahar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Assalamualaikum ww

Selamat muncul kembali ke mailing list kita ini, kami memang merindukan kehadiran tulisan2mu disini tentunya setelah melewati hari2 penantian selesainya sebuah tur yang sangat mengesankan ditanah air

Oh yaa, dalam sebuah wirid pengajian bulanan belum lama ini seorang ustadz yang kami undang memberikan santapan rohani menerangkan beberapa ayat yang katanya sangat istimewa yang membuat kami takjub dan yakin bahwa alqur'an kita itu begitu kaya dengan petunjuk dan rahmat dari Allah SWT

Antara lain diuraikan (yang masih saya ingat, maklum waktu wirid2 seperti nggak pernah mencatatnya) ayat QS 2:18 "Mereka pekak bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali) kejalan yang benar" demikian pula ayat QS 2:254, 255, 256 dan 257

Oh yaa, sang ustadz juga ada menyebut2 kitab Imam Ghazali kalau nggak salah kitab "Khawasul" yang banyak menerangkan berbagai kisah / riwayat dimana dengan amalan ayat2 diatas benar2 sangat membantu kita dalam berbagai kesulitan dan terhindar dari berbagai bahaya yang tidak di-ingini

Pertanyaan yang selalu mengganjal dihati yaitu apakah dibenarkan penggunaan ayat2 suci Alqur'an (tentunya untuk tujuan yang baik) sebagaimana "mantra" dalam dunia perdukunan itu, dan dalam keadaan bagaimana kita terlarang mengamalkan ayat2 suci tersebut (maklum kita2 yang awam ini kawatir secara nggak disadari terjerumus kedalam hal yang terlarang / syirik

Terimakasih terlebih dahulu, semoga permohonan ini nggak merepotkan sanak Rahima

wasalam
abpiliang