Doens yth dan khususnya rahima. Ada satu topik sebenarnya yang masih jadi uneg-uneg buat saya yaitu mengenai menilai pribadi-pribadi di milis ini. Ketika saya bicara kepada yenni dan cysca bahwa disini kita hanya boleh menilai orang dalam hati dan tidak boleh menuliskannya sebenarnya ada maksudnya.

Tapi karena rahima bilang boleh saja memberi penilaian, jadi saya contohkan tentang rahima saja.  Ketika rarach menilai rahima pas-pasan sebenarnya boleh-boleh saja kan. Tapi begitu dituliskan disini menjadi tidak sehat.  Salah satu bentuk protes, muncul jannah dengan puji-pujiannya yang “aduhai” tentang rahima.  Tapi tentu saja Jannah boleh saja memuji-muji rahima demikian. Saya sendiri juga punya penilaian tentang rahima.  Dari email-email rahima, dari email-email pujian jannah (kalo tidak salah ada beberapa kali), dari cerita-cerita rahima, khususnya waktu membahas mengenai 3B, rahima menulis mau menghabiskan puluhan juta rupiah untuk  kecantikan, dan menghabiskan jutaan rupiah untuk olah raga.  Ketika akhirnya saya ketemu dengan rahima di rumah bundo, dan baca email perjalanan rahima waktu pulang ke Jakarta, saya juga punya penilaian tersendiri tentang rahima. Bisa saja penilaian tersebut misalnya ‘oh ternyata rahima cuma segitu doang’ atau penilaian lainnya yang mungkin gak bagus untuk ditulis. Dan kalau itu dituliskan jadi tidak etis dan tidak sehat, terutama buat yang dinilai.  Ini contoh saja lho rahima.  Ini yang saya maksudkan dengan email saya untuk yenni dan cysca tsb. Kalo dijelaskan lebih detil lagi ntar bisa “baele-ele” jadinya (ngutip istilah rarach).

Menurut saya, kalau kebiasaan menuliskan penilaian terhadap pribadi-pribadi dimilis ini diteruskan rasanya bakal tidak sehat dan bisa merusak silaturahmi diantara kita.  Apalagi bagi doens yang sering ngumpul, meskipun katanya di milis ini ‘boleh suka-suka’. Tapi ya terserah lah, ini cuma sekedar usul.

Tadinya saya pikir gak perlu menjelaskan komentar tsb sedetil ini karena saya anggap kita semua punya intelektual yang baik.  Tapi saya khawatir terjadi salah pengertian yang saya maksudkan dengan yang ditangkap rahima.  Oya, karena rahima bertanya saya kuliah dimana, sebagai tambahan perkenalan gpp saya jawab. Saya lulusan dari UI rahima.

Buat doens yang lain, maaf kalo email ini gak berkenan.

Iraf