From: -- (*o*) -- [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, November 20, 2003 2:08 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [RantauNet.Com] interesting article....

Yap Uda!

Selama ini bila ada yang berteriak soal penegakan syariat islam yang ditangkap sebagian besar orang  hanyalah soal potong tangan, rajam dan pakaikan kerudung pada perempuan.Saya tidak tahu apa yang sesungguhnya terjadi di afganistan sana waktu taliban mendirikan negara islam, tapi dari media yang sampai kerumah saya, yang tertangkap kebanyakan hanyalah soal pemasungan. baik itu pemasungan kebebasan berpendapat, kebebasan untuk mendapatkan hiburan maupun kebebasan perempuan untuk menikmati pendidikan dan berkarya di luar rumah. saya rasa wacana negara syariat seharusnya diperluas dan harus keluar dari konteks pemasungan. bila media massa (barat) kita salahkan bahwa mereka telah mamanipulasi isi berita seharusnya pertanyaan kita kembalikan pada diri sendiri, mengapa mereka bisa memanipulasi?  mengapa mereka tidak menuliskan seperti yang kita ingin kan? jangan2 disamping emang gak jago berdiplomasi, niat negara syariat kita memang hanya sekedar keinginan politik temporer: memasung?

saya tertarik tentang pernyataan Uda bahwa arab rendah tingkat kriminalitasnya. apakah ini benar bahwa realita emang bicara demikian ataukah kita saja yang tidak membaca. seberapa jauh sih pemerintah arab membebaskan pers mereka? saya tidak bicara ttg statistik yang akurat, tapi dari kira-kita. perasaan kebanyakan tkw yang mengalami penyiksaan dari arab deh. apakah ini bukan suatu cermin bahwa masyarakat arab tidak lah seindah tampak dari jauh?

--Gm