Assalamualaikum Wr.Wb. Yth bapak Eri Bagindo Rajo.

Manuruik ambo, urang nan berKTP Islam, balun tantu beretika Islam (spesial
dalam urusan mengatur Ekonomie komplex ketata-negaraan). Bisa mungkin yang non
Islam mempunyai Etika yang saya maksudkan diatas.
Parallel dengan itu, saya beranggapan bahwasanya, President, Gubernur, Bupati,
Camat, dll, bukanlah sebagai Pemimpin Agama Islam yang saya peluk.
Mereka2 itu bagi saya adalah, Pekerja tingkat tinggi, yang menjalankan suatu
Badan Hukum seperti Perusahaan misalnya. Bukan saya melecehkan mereka2 itu,
tetapi saya tidak pernah menganggap President ataupun DuBes, itu Pemimpin saya.
Kalau itu Analogie yang dipanuti oleh Rakyat Indonesia, President, Gubernur
DKI, otomatis Pemimpin Agama Islam, apakah itu benar menurut Agama kita?
Apakah itu bukan satu dari taktik dari Politik untuk menyisihkan jumlah
saingan2 yang berlaku? Bagaimana pula jika penganut Islam yang bekerja
diperusahaan yang kebetulan yang empunya/yang Bossnya beragama non Islam,
tetapi lebih manusiawi MISALNYA, dibanding dengan perusahaan yang berdireksi
Islam? Apakah kalau melamar kerja lihat perusahaan dulu, yang punya siapa?
Direkturnya siapa? Ataukah sang pelamar, hanya mau cari uang untuk biaya nafkah
hidup yang menurut kaca mata Islam masing2?

Singapura negaranya tak pernah rasanya yang beragama Islam, tetapi maju, dan
penduduk nya multi etnik, multi kulti, multi religi. Sepengatahuan saya
penduduk bermacam agama tinggal didalam satu Tower, itu jamak.
Mahathir pemula, yang membuat M'Sia maju ( oh iya jumlah rakyat mereka sedikit,
apakah jumlah sumber alam dan sumber daya manusia mereka juga sedikit?), selain
dia saya kurang tau kepala negara yang membuat negaranya maju, menurut mata
yang lamur serta ber-kacamata yang mungkin kabur dan kurang baik. Apakah
menurut bapak Eri bagindo Rajo, tindakan King Saudi itu benar menurut Islam
(hanya contoh saja)?

Dalam masa itu, negara lain sudah berlari/berjalan  jauh, kita yang ketinggalan
jauh, bagaimana bisa mengejar mereka yang telah beranjak dan berjarak jauah.
Coba tolong diurut, dimana, posisi kita di asia Tenggara?
Antahlah.........

Wassalam,
Muljadi Ali Basjah.

 Sat, 4 Aug 2012 05:06:22 -0700 (PDT)