Ustaz Ahmad Ridha,

Komentar Nyit Sungut dalam bahasanya yang lunak keras itu adalah terhadap
statement AA itu, terfokus dan terbatas pada konteks "berbuka dan shalat
magrib", yang diucapkan AA dalam subject itu, "Azyumardi Azra: Selepas buka tak
masalah tidak salat magrib". Komentar Nyit Sungut bukanlah dalam konteks shalat
musafir, jama' dan qashr, shalat Jumat [dalam konteks Angku Dr. Hilman
Mahyuddin] yang jelas ada rukunnya.

Kalau hanya "DISIPAK KOLAK" sehingga "selepas berbuka tidak ada masalah tidak
shalat Magrib", dalam pandangan Nyit Sungut itu bukanlah alasan yang dapat
diterima. "Kolak" dalam hal ini sebagai simbul dari makanan enak dalam berbuka
dengan segala variasi makanan enak yang tak terbatas. Dalam hal ini juga
telingkup foya-foya ota tak keruan, gunjing dsbnya dalam suasana menikmati
lahap perbukaan itu, sehingga "terlupakanlah", "tidak sempat" lagi shalat
Magrib. Hilanglah spirit Ibadah Puasa karena "manahan lapar" seharian,
melampiaskan nafsu makan balas dendam bayar hutang terhadap apa yang ditahan
seharian itu, sehingga "tidak sempat" shalat Magrib yang Wajib.

Cerita Angku Lembang dalam postingnya, merupakan salah satu contoh variasi dan
analisa dari "tidak sempat" sembahyang magrib itu karena spirit ibadah
"Berbuka" di waktu Magrib dikalahkan oleh acara dinner, "makan bersama"
berpesta duniawiyah; shalat Magrib tidak termasuk di dalamnya.

Salam,
-- Nyit Sungut
Sjamsir Sjarif

PS. Baru pulang Halaqah, Iftar, Sahalat Magrib, berbuka, Shalat Isa dan
Tarawih, witr (total 23 rakaat) di Pleasanton yang jaraknya 60 miles (100km)
dari Santa Cruz, sejauh Padang Bukittinggi. Imamnya dari Turki, Hafiz yang baik
sekalai bacaannya.
Minggu 1:30AM August 5, 2012