Pak Ahmad Ridha!
Saya juga tahunya maulud dirayakan jauh setelah Rasulullah wafat. dan saya
tidak tahu apakah ada larangan dari rasulullah dan sahabat untuk
merayakannya.Yang tidak disyari'atkan tidak otomatis haram. Jika kta
mengharamkan/melarang apa yang tidak dilarang oleh Allah dan rasulnya itu
mengada-ada.

Apakan perayaan maulud itu sesuau yang buruk, hingga harus
dilarang/diharamkan?...

Kalau kita yakini bahwa Islam itu agama yang sempurna, maka apapun didunia ini
ada dasar dalam islam.
Karena itu kita disyari'atkan menuntut ilmu. Gunanya untuk menggali nilai2 yang
terkandung dalam ayat2 Allah dan sunnah rasulnya.
Saya tidak dapat menjelaskan namun mungkin ini dapat sebagai bahan kajian.
Kapan pertama kali Rasulullah menunaikan ibadah Haji dan mulai kapan dirayakan
serta bagaimana rasulullah merayakannya. Perayaan ini adalah mengingat
peristiwa penting zaman nabi Ibrahim.
Kapan Al-qur'an dibukukan, tolong saya diberitahu hadistnya untuk membukukan
Alqur'an. Setahu saya ini tidak ada hadistnya.

Salam
Zulidamel L49 Jkt