Garuda membeli pesawat baru. Badan lebar, jenis A330-200. Fresh from oven.
Pesawat itu sudah datang ke Soekarno-Hatta. Masih berlogo hainan airlines.
Tentu ada yang bertanya, kalau baru kenapa logonya milik orang lain.
Jangan-jangan bekas?

Bukan. Ini memang pesawat baru. Yang mengorder ke airbus adalah Hainan
Airlines. Karena krisis global, mereka tak sanggup meneruskan pembelian ini.
Lalu garuda, melihat celah ini. Mereka minta ke airbus pesawat tersebut dengan
harga agak miring. Bersama garuda ada beberapa yang membeli pesawat jenis ini.

Industri pesawat terbang kita cukup diuntungkan oleh krisis global ini. SQ dan
Thai Airlines, sekarang dalam posisi goyang secara finansial. Penerimaan SQ
menurun drastis. Thai sudah mulai rugi operasional. Garuda dalam salah satu
statementnya, menyebutkan angka keuntungan yang besar di kuartal satu tahun ini.

Garuda diuntungkan karena penerbangan domestik. Karena memang sebagian besar
rutenya adalah domestik. Rute domestik masih sehat dan banyak permintaan.
Mobilisasi orang dan barang di dalam kawasan kita masih cukup bagus. Walaupun
sebenarnya masih bisa ditingkatkan secara maksimal.

Kembali ke soal pesawat. Selain garuda, lion air juga membeli jumbo Boeing 747.
Ini nantinya diperuntukkan bagi rute timur tengah. Di saat maskapai luar negeri
mengurangi trayeknya, kita masih bisa menambah pesawat.

Sebenarnya pesawat-pesawat kita cukup katro. Apalagi yang menjalani rute luar
negeri. Jangan harap kita akan menemukan personal entertainment dalam pesawat
milik maskapai kita. Dengan vietnam airlines aja kita kalah jauh. Saya pernah
menaiki Airbus 321 dari HCMC ke Bangkok. Pesawatnya keren.

Pernah saya dapat omelan dari temen, karena saya merekomendasikan untuk naik
garuda ke HK. Ternyata ia naik pesawat kecil. B737-NG nya garuda. Bagi yang
sering ke asia timur, tentu tahu turbulance ketika pesawat berada di utara
kalimantan. Dengan airbus 330 saja, guncangannya cukup berarti. Apalagi dengan
737 biasa. Dan yang lebih celakanya, ketika saya menyusul dengan CX A340, ia
marahnya gak ketulungan. Lima jam saya didiemin.

Selayaknya garuda, orang minang seharusnya mengambil kesempatan dalam krisis
global ini. Bagaimana caranya? Salah satu contoh sederhana. Mumpung singapore
sedang agak krisis, kita bisa kampanyekan pariwista kita ke sana. Kita bilang
begini. Krisis sih boleh krisis, tapi liburan tetap perlu. Justru jadi sangat
perlu. Tak perlu jauh agar tak banyak keluar rupiah, hanya 45 menit dari
singapore. Terus-terusan kita omongin ini ke orang singapore sana.

Wassalam,
MS/30/jkt

PS: presdir garuda urang awak loh... Denger-denger David Beckham ada darah
minangnya juga.