Dari : JUSUF KALLA >> Blog.

Jusuf Kalla b...@kompasiana.com: EKONOMI PASAR : Boleh Saja , ASAL FAIR !

ketika zaman saya menteri dulu, saat itu kita masih berhubungan
dengan IMF. Saya adalah salah satu menteri yang sangat menentang
daripada intervensi IMF, yang notabene ingin mencampuri urusan kita.
Mereka ingin membubarkan BULOG, ingin agar peerdagangan Gula itu bebas,
perdagangan beras menjadi bebas. Saya menolak mereka karena mereka
ingin menjalankan liberalisme secara besar-besaran di Indonesia. Ini
kan sangat berbahaya, bisa bisa petani kita habis.
Saya selalu beranggapan perana pemerintah masih penting untuk
mengontrol pasar di dalam negeri. Bukannya kita anti ekonomi Global,
tapi satu hal yang mesti diingat perdangan Global sangat tidak Fair.
Negara ketiga hanyalah menjadi Price Taker, sementara Negara Maju
menjadi Price Maker. Kita tidak bisa menentukan berapa harga dari
setiap hasil bumi kita, karena semua sudah ditentukan oleh pembeli.
Yang jadi masalah Harga 1 kg kakao sangat jauh di bawah dibanding harga
1 Kg Silver Quenn dan lain lain.

Silahkan telusuri selanjutnya pandangan JK di :
http://jusufkalla.kompasiana.com/2009/05/23/ekonomi-pasar-boleh-saja-asal-fair/#comment-1931

Wassalam,

  Evy Nizhamul
(Tangerang, suku Tanjung, asal : Kota Padang)

http://hyvny.wordpress.com
http://bundokanduang.wordpress.com

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet