Minggu, 31 May 2009

Tidak Mungkin Semua, Orang Minang Dukung JK

PADANG, SINGGALANG -- Gerakan Pro SBY (GPS) Sumbar menilai amat tidak
elok perantau mengklaim semua orang Minang di rantau dan di kampung
mendukung pasangan JK-WIN. Yang pasti, katanya, di Minang ada pendukung
ketiga kandidat.
"Amat sedih saya, ada tokoh-tokoh Minang, main sapu rantau saja, jangan
mendahului Tuhan. Memohon saya dengan rendah hati, janganlah orang
Minang diklaim secara total mendukung JK, ketiga tokoh kita hormati dan
saya yakin SBY menang di Sumbar," kata Ketua GPS Sumbar, Ir Yogan
Askan,MH., kepada Singgalang, via telepon dari Jakarta, kemarin.
Sementara itu, Ketua GPS Padang Masrizal, Ketua GPS Solok Selatan John
Hendri, menyatakan, sebaiknya orang Minang bermain cantik saja. "Jangan
main gaya Orde Baru juga," tambah Gusfen Khairul yang juga anggota GPS.
Di zaman Orde baru memang, jika tokoh sudah mendukung maka dipastikan
rakyat akan mendukung pula. "Ampun den," kata Gusfen terkekeh.
Sebagaimana diberitakan kemarin, masyarakat Minang di perantauan dan
kampung halaman menyatakan siap mendukung pasangan calon presiden dan
calon wakil presiden HM. Jusuf Kalla dan Wiranto (JK-WIN) pada Pilpres
Juli 2009 mendatang.
"Ini adalah suara hati kami masyarakat Minang di rantau maupun di
kampung halaman. Selain Pak JK memang berjasa dalam pembangunan bangsa
ini, beliau adalah juga sumando Rang Minang sendiri," kata DR. Zulfahmi
Burhan, MM, Dt. Rajo Bagagar, Ketua Umum Badan Koordinasi Kemasyarakatan
dan Kebudayaan Alam Minangkabau (BK3AM), Jabodetabek, dalam acara
silaturahmi sekitar 300 tokoh dan masyarakat Minang Jakarta dan Sumbar
dengan HM Jusuf Kalla di Posko Mangun Sarkoro 1, Jakarta, Kamis (28/5)
kemarin petang.
Klaim Ketua BK3AM itulah yang dinilai oleh GPS sesuatu yang mendahului
Tuhan. "Saya jamin sampai ke langit yang ketujuh, tidak semua orang
Minang memilih JK, karena itu, Pak Datuak Rajo Bagagar sebaiknya jangan
mendahului Tuhan, dalam laut dapat diukur, isi hati siapa yang tahu."
"Bak pituah angku datuak juo, mengecek jan talompek-lompek, indak buliah
manapuak dado, bakato harus adil, baitu bana sifaik niniak mamak," kata
Yogan pula. Namun ia amat hormat, jika secara pribadi atau kaumnya, Dt
Rajo Bagagar mengklaim mendukung JK-WIN.
"Siapa mendukung siapa, dalam faham demokrasi yang kita anut sekarang,
adalah hak asasi, karena hak asasi, amat tidak mungkin seseorang bisa
mengambilalih dan menyatakan semua orang Minang mendukung JK. Karena
itu, dengan santun pula kami memohon, mari kita lihat saja hasilnya
nanti setelah pilpres," tambah Yogan.
Yogan berharap pilpres di Sumbar berjalan lancar, aman dan tertib.
"Jangan sampai kita terbelah pula, angek tadah dari cawan," katanya
mengakhiri.003

http://hariansinggalang.co.id/index.php?mod=detail_berita.php&id=1829