Alam bawah laut Bunaken memang sangat indah. Alhamdulillah saya
berkesempatan snorkling disana sewaktu tugas di Manado emapt tahun Silam. Ibarat
hamparan taman bunga dengan aneka ragam warna dan bentuk bunga karang, yang
dihiasi ikan-ikan besar dan kecil berwarna warni seakan bersahabat dengan kita.
Cukup membawa remah roti, maka puluhan ikan-ikan kecil datang mengerubungi
saya.

Betul yang dikatakan pak Suhaemi, kalau Bunaken boleh menang terumbu karangnya,
tapi pulau dan pesona pemandangan pantainya masih kalah jauh dengan Gugusan
kepulauan disepanjang Padang dan Painan. Pasir pulau Bunaken agak berlumpur.
Namun masyarakat disini memang sangat menjaga terumbu karangnya.

Salah seorang pemandu wisata kami mengatakan bahwa masyarakat di sektiar Bunaken
dan Manado tua sepakat untuk tidak menangkap ikan di kawasan Bunaken dan Selat
Lembeh. Jalur perahu pun disepakati hanya pada jalur-jalur tertentu.

Setuju dengan Pak Suhaemi, andai saja kita sepakat untuk menjadikan kawasan
Carocok Mande dan Kawasan sekitar Pulau Sikuai sebagai kawasan konservasi,
melarang pemancingan ikan dengan jumlah massal, serta rehabilitasi terumbu
karang yang berkesinambungan, bukan tidak mungkin Sumbar akan menggantikan
posisi Bunaken sebagai surga bawah laut tropis dunia.

Amiennn

PS:
Langkah awal, tolong jangan dibeli lagi terumbu-terumbu karang yang banyak di
jual di pantai air manis dan teluk bayur, dan kurangi konsumsi telur penyu
(talua katung) dari sekarang.

Bot Sosani Piliang
Just an Ordinary Man with Extra Ordinary Dream
www.botsosani.wordpress.com
Hp. 08123885300