From: rantaunet@googlegroups.com [mailto:rantau...@googlegroups.com] On
Behalf Of Dr.Saafroedin BAHAR
Sent: Saturday, November 28, 2009 11:19 AM
To: rantaunet@googlegroups.com
Subject: [...@ntau-net] Re: Silaturahmi Jo Mak Duta (Ajo Duta) di Padang, tgl
27 Nov 2009,

Waalaikumsalam w.w. Sanak Bachtiar Muin dan para sanak sa palanta,

Saya setuju dengan pandangan Sanak. Hanya ada satu pertanyaan yang perlu
kita renungkan sungguh-sungguh, yaitu mengapa persatuan orang Yahudi -- dan
orang Cina -- bisa demikian kuat dan mengapa persatuan di kalangan kita
orang Minang kok rasanya demikian lemah ? Apa yang ada pada mereka dan tidak
ada pada kita ? Atau sebaliknya, ada pada kita tak ada pada mereka ?

Pertanyaan ini sudah lama mengganggu fikiran saya. Kalau sekedar jawaban
sementara -- hipotesa --  rasanya sudah saya lihat. Bagaimana pendapat para
sanak yang lain ?

Wassalam,
Saafroedin Bahar

(Laki-laki, masuk 73 th, Jakarta)