Pak Syaf

Terima kasih atas pencerahan bapak. Soal militer tentulah bapak yang
lebih ahli.

Mengenai perang batipuh ini, bisa juga di baca bukunya Pak Rusli Amran
almarhum (2 buku mengenai palakat panjang). Kalau dibaca bukunya
Cristine Dobbin, ritual akhir dari penyelesaian konflik antar nagari,
tidak jarang terjadi perang adat di perbatasan nagari. Para dubalang
kedua nagari bersengketa, saling basosoh disana. Tapi hubungan
diplomatik anak nagari tetap berlangsung meskipun ada sengketa. Perang
kemudian berhenti ketika Rajo Alam datang dan memancang bendera sebagai
bentuk veto raja atas daerah perbatasan yang dipersengketakan. itulah
salah satu asal mula lahirnya ulayat rajo. Ketika politik perkopian
berlangsung di Sumatera, termasuk Minangkabau, rata-rata kebun kopi itu
hanya bisa dibangun di tanah-tanah ulayat Rajo. Karena yang menundukkan
diri ke Belanda hanya Rajo Alam Pagaruyung plus sekitar 14 nagari saja
se alam Minangkabau.

Ketika saya pernah hidup dengan nelayan di Pesisir Selatan untuk sebuah
penelitian adat berlaut, saya bertemu dengan seorang tua yang memegang
jabatan sebagai Dukun Pasia. beliau menjalankan fungsi sebagai orang
tempat bertanya ketika akan melaut.

Saya setuju kalau topik panglima laut ini di bahas di Konggres itu, tapi
kalau boleh saran, saya berpikir tidak usah dulu berpikir untuk angkat
mengangkat seseorang dalam jabatan itu, apalagi mengatasnamakan Panglima
Laut untuk seluruh Minangkabau. Minangkabau itu terbangun oleh
kesepakatan politik nagari-nagari, sementara yang namanya panglima ini
berada pada sisitem hirarkis yang kemungkinan besar ada di bawah kendali
Raja Pagaruyung. Apakah kita akan kembali menghidupkan mummi yang
seperti model-model kebangkitan di daerah lainnya. saya pikir lebih baik
konggres kebudayaan ini merupakan gong untuk mengkaji kehidupan Maritim
Mianngkabau dari masa ke masa yang kemudian hasilnya akan di disampaikan
pada konggres selanjutnya.

Kalau soal menghidupkan struktur kerajaan Pagaruyung yang lama, sejak
beberapa tahun lalu struktur itu telah dibangun lagi oleh
pewaris-pewaris jabatan tersebut dengan dikoordinasi oleh
keluarga-keluarga raja Pagaruyung. Lebih baik membantu mereka untuk
menyusun visi yang jelas dengan kebangkitan itu. Apa relefansinya untuk
Minangkabau kontemporer saat ini.

Penglihatan saya ketika jalan-jalan di Minangkabau dan daerah adat
lainnya, pembentukan lembaga-lembaga adat yang tidak mengakar ini,
cendrung menjadi alat negosiasi untuk kepentingan sesaat, bukan untuk
penguatan adat sesungguhnya. Organisasi politik adat ini cendrung
menjadi alat baru bagi kekuatan politik kontemporer saat ini untuk
memperoleh legitimasi semu. Hampir semua daerah menggeliat dan
menggunakan basis adat untuk bernegosiasi meskipun sudah jauh dari
substansi. Isu adat ini menguat ketika di penghujung tahun 1990an
JAPHAMA berusaha mencari alat untuk menegosiasikan kepentingan
masyarakat adat dengan pemerintah, terutama mengenai status
ulayat-ulayat dan hak-hak lainnya. Tapi ketika isu ini sudah mulai
menjadi arus besar, isu ini kemudian menjadi alat untuk hal-hal yang
prakmatis yang harus kita luruskan lagi. kebangkitan feodalisme baru ini
yang harus diwaspadai. Feodalisme yang saling mengisi dengan kekuasaan
yang tidak berpihak kepada rakyat, semakin menyebabkan rakyat menjadi
menderita.

Mungkin ini padandangan saya pak. Kalau ada rejeki, saya ingin hadir di
konggres kebudayaan itu.

Salam

andiko