bahaso awak no go 'in commemoration'
di kampuang ambo maso kaciak saisuak
diajarkan dek niniak mamak
kalau masuak rimbo basobok jo baribeh
jan takuik, ado tips tips cara menghadapinya
baribeh adalah sejenis beruang pohon
hobinyo makan durian jo manyungkeh batang kayu
hewan ko terbilang langka kini, dan terancam punah
kalau awak indak punya kesadaran bersama untuk melestarikannya.

kekayaan flora fauna kini yang tersisa di Nusantara
adalah Sumatera dan Kalimantan
yang terancam oleh rakusnya industri perkayuan, bubur kertas, dll
mulai dari pembalakan liar sampai ke pembakaran lahan

Dari sudut Filologi, 'baribeh' terkait erat dengan 'bear' dalam bahasa
Inggris
salah satu contoh (ambo sdg menyusun tabel lengkap) yang menjadikan
etnis Minangkabau punya keterkaitan historis dengan bangsa Inggris
kuno
melalui peradaban maritim yang terkenal di masa itu oleh bangsa
Phoenicia
yang berjasa membuka kota2 baru di berbagai belahan dunia
mulai dari Asia, Eropa, Australia, Afrika sampai ke benua Amerika

Alec adalah panggilan ambo sehari-hari di Kampung Tipar
dek karano urang awak alun tabiaso memakai lafas 'a pada kata 'ali
yg mana bisa disebut ali artinya adalah pembantu
namun bisa dilafazkan benar 'ali artinya adalah tinggi
Nah daripado tulalit, lebih baik pakai nama gaul, 'alec'
tapi mereka yg punya background atau paham Arab, namo ambo tetap
'Ali.'
Samantara sutaryo adalah singkatan dari Sutan Rangkayo http://www.sutaryo.net

semoga Uda-uda dan mamak-mamak maklum

love
Sutan Baribeh

On Aug 30, 12:38 pm, "rony" <ro...@pthidroflex.com> wrote:
> Maaf Pak Santo Baribas yth...
>
> Dibawah signature bapak ada tertulis signature "santo baribas" yg kadang
> juga ditulis "st. baribeh", yg saya kira awalnya adalah "sutan baribeh". Dan
> mengenai kata "baribeh" sendiri tidak lazim dalam bahasa Minang/Padang.
>
> Bisa minta tolong agar bapak jelaskan maksud dari istilah "santo baribas"
> ini di milis ini, pak?
> Apakah maksudnya bapak seorang santa/santo (orang "suci" beragama Kristen)?
>
> Kalau diperhatikan nama bapak juga berbeda dari kebanyakan orang Minang :
> [...]

Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat
  2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
- Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
- Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
- Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan
mengganti subjeknya.