"Ndeh... Lah tutuik lo salah satu airline ka kampuang awak!  Mudah-mudahan ndak
ado nan ka Sikuai jo maskapai nan ko."

Kamis, 13/01/2011 12:19 WIB

Loket Mandala di Bandara Soekarno-Hatta Tutup

Lia Harahap : detikFinance

​detikcom - Jakarta,​ Loket maskapai penerbangan Mandala Airlines di Bandara
Soekarno-Hatta, Cengkareng ditutup pasca pengumuman adanya penghentian
penerbangan maskapai itu. Sejumlah penumpang yang hendak me-​refund ​tiket
akhirnya kecewa dan pergi.

Pantauan detikFinance di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng,
Tangerang, Banten, Kamis (13/1/2011), pukul 10.30 WIB, tidak tampak seorang
petugas Mandala pun berada di dalam loket. Meja loket terlihat dari luar sudah
kosong dan rapi.

Sekitar 3 petugas keamanan bandara dan 4 polisi berjaga di depan loket Mandala.
Sementara, tampak kertas pengumuman yang ditempel di depan pintu loket Mandala
Airlines.

"Pengumuman penting bagi para penumpang kami. Mandala Airlines akan
menghentikan semua operasi dari Selasa 13 Januari 2011 untuk melakukan
restrukturisasi bisnis. Pemberhentian operasional penerbangan akan dimulai
pukul 06.00 WIB, dan anda disarankan untuk membuat pengaturan perjalanan
alternatif pada penerbangan lain," demikian tertulis di pengumuman itu.

"Silakan menghubungi pusat layanan kami atau email kami di
cust.feedb...@mandalaair.com dengan menyertakan nomor pemesanan anda. Sehingga
kami dapat memulai proses pengembalian dana. Kami mohon maaf atas
ketidaknyamanan yang disebabkan kepada anda. Sebagai akibat dari tindakan ini,
kami mencoba yang terbaik untuk mengatasi situasi tersebut dan meminta
pengertian dan dukungan. Silakan menghubungi call centre 021 5699700 atau
0804-123- 4567 untuk informasi lanjut," tambah pengumuman tersebut.

Salah seorang calon penumpang yang hendak me-​refund ​tiket, Eva, merasa kecewa
saat tiba di depan loket dan melihat loket tutup. Eva memesan tiket Mandala
pada 30 Oktober 2010 untuk keberangkatan Jakarta-Yogyakarta pada 17 Januari
2011. Eva pesan 2 tiket yang pada saat itu sedang promo dengan harga per
tiketnya Rp 99.000.

"Menurut teman saya, loket di bandara bisa ​refund ​tiket penumpang. Makanya
pagi ini saya ke sini ternyata loket malah tutup," kata Eva.

Menurut Eva, dirinya hanya ingin meminta ganti rugi kepada manajemen Mandala.
Karena sebelum-sebelumnya tidak ada pemberitahuan dari pihak Mandala kalau ada
kejadian seperti ini. Eva pun sudah menelepon call centre Mandala, namun tidak
ada yang mengangkat.

"Saya memang pernah dengar gosipnya ini mau tutup tapi waktu saya beli tiket
promo itu saya nggak terpikir itu tandanya mau kejadian ini. Saya pikir ini
memang mau promo akhir tahun biasa. Saya coba ke Tomang (kantor pusat Mandala)
saja ini," ungkapnya.

Tak cuma Eva yang datang dan merasa kecewa dengan penutupan loket Mandala. Ada
beberapa calon penumpang Mandala lainnya yang datang kemudian pulang kembali
setelah melihat pengumuman yang ditempel di depan pintu loket.

Jan-jan Si Epa ko urang awak lo...

Salam,
ZulTan, L, 50, Bogor
"Without change, we will not survive.  Welcome 2011"