From: sjamsir_sjarif <hamboc...@yahoo.com>
To: rantaunet@googlegroups.com
Sent: Fri, August 19, 2011 1:14:10 PM
Subject: Re: [R@ntau-Net] iseng tapi sungguhan

Di San Francisco, walaupun jauh dari Santa Cruz, saya setiap tahun menghadiri
Perayaan Ulang tahun Kemerdekaan RI. Kemarin saya tak sempat karena Puasa.
Berapa tahun berturut-turut saya dimintakan membacakan Doa setelah Pengibaran
Bendera dalam Upacara.

Dalam jarak jauh di mana ada kesempatan saya hadir juga di Kdutaan Besar
Indonesia di Washington. Dalam perjalanan ke negara-negara lain saya sengaja
gunakan kesempatan hadir di Kedutaan Besar Indonesia di Oslo, Norway, dan
Mexico
City, Mexico.

Tanggala 17 Augustus 1945 saya di Kampung berumur 10 tahun. Dalam minggu
pertama
sejak hari proklamasi itu saya dengar pembicaraan ayah dan kakak manyatakan
Indonesia sudah Merdeka.  Beberapa bulan sebelum 17 Agustus 1045 itu, kami
sudah
mengharap-harap datangnya Hari Kemerdekaan itu. Suasananya masih jelas dalam
ingatan saya karena wakatu itu ada pamflet-panflet ditempelkan berisi kata-kata
"Fajar Kemerdekaan".

Jadi sejak 17 September 1945 ketika tanggal 17 Agustus dirayakan setiap bulan,
dan sesudah itu setiap tahun, saya hampir tidak pernah absen ikut merayakannya.
Bertambah jauh di Rantau dan bertambah jauh dari jarak waktu -- puluhan tahun
--
bertambah dekat kita dengan spirit suasananya.

Saya juga tidak pernah dapat beasiswa pemerintah sesudah Ikatan Dinas SGA
1952-55 yang saya sudah baktikan setammat belajar dengan Tugas Sebagai Guru
dalam wakatu yang diikatkan.

Salam,
-- MakNgah
Sjamsir Sjarif
Di Tapi Riak nan Badabua
Pantai Pasifik 19 Agustus 2011
--- In rantau...@yahoogroups.com, Zulkarnain Kahar <zxkahar@...> wrote:

> Saya tak pernah absen melihat perayaan detik detik ini melalui telivisi atau
> live streamnya ..  tak pernah pula bosan. Pada saat Indonesia raya
> berkumandang
>
> bulu tengkuk saya selalu meremang dan jantung berdebar debar. Walau saya tak
> pernah mendapat satu sen pun bea siswa atau gaji dari pemerintah dan tak pula
> menikmati hari libur di tanggal 17. Kalau dalam kesendirian di satu negeri
> yang
>
> jauh Merah putih kecilpun saya pajang di kamar kantor saya.. atau pin merah
> putih saya sematkan di baju saya.  I am Indonesian..

> [...]

wajib
mencantumkan sumber: ~dari Palanta R@ntauNet