[wanita-muslimah] Re: Paus Juga Manusia kemuliaan memberi maaf.

2006-09-21 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Mia [EMAIL PROTECTED] wrote: Kayaknya Paus yang sekarang konservatif banget, jangan-jangan fundamentalis Katolik. Emang ada yah, fundamentalis Katolik? Ada kok, mbak Mia. Cuma cara mereka halus, nggak kasar/terang-terangan seperti Kristen (Protestan

Menanggapi orang PKS Re: [wanita-muslimah] Sekedar bertanya

2006-08-09 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Sato Sakaki [EMAIL PROTECTED] wrote: --- Lina Dahlan [EMAIL PROTECTED] wrote: Akhirnyapun pemerintah Libanon mendukung Hizbullah. Meski saya juga gak mengerti kemana saja pasukan Libanon? Apakah pasukan Libanon itu gak punya nyali jihad

SUNAT dan DAGING BABI Re: [wanita-muslimah] Re: obrolan yesus, mbak Ida me = obrolan ini tidak ada ujung-ujungnya, waating time

2006-07-26 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Sato Sakaki [EMAIL PROTECTED] wrote: Jenis makanan yang diharamkan dalam Taurat tidak berlaku bagi umat Kristen karena sudah di-amandemen oleh Yesus Kristus yang BERWENANG untuk itu dengan mengatakan bukanlah yang masuk melalui mulut yang menajiskan

[wanita-muslimah] MUSINGS - RENUNGAN (by Marina Mahathir)

2006-07-25 Terurut Topik Anita Tammy
Wednesday May 3, 2006 The followers MUSINGS By MARINA MAHATHIR A FRIEND was relating how after her daughter had read the Da Vinci Code, she had wanted to read the Bible. Which is not in itself a bad thing except that she was concerned that an impressionable young mind would not be able to

[wanita-muslimah] The Da Vinci Code dan Kematangan Beragama

2006-07-25 Terurut Topik Anita Tammy
The Da Vinci Code dan Kematangan Beragama Oleh Novriantoni Kolom | 30/05/2006 Masih banyak kontroversi yang tak perlu dimuat di sini. Pendek kata, semua itu cukuplah membuat murka orang-orang yang dogmatis dan tidak matang dalam beragama. Untuk ukuran orang Kristen, heboh The Da Vinci Code

[wanita-muslimah] Beasiswa untuk pemikir Islam

2006-03-21 Terurut Topik Anita Tammy
Buat Mbak/Mas/Uni/Uda/Teteh/Akang dll di milis WM, Daripada nulis di sini banyak-banyak tapi nggak terbaca, lebih baik coba beasiswa ini, tulis pikiran, lalu jadi karya-karya tulis yg bisa dipublikasi di mana-mana. Semoga lebih banyak yg baca, dan jadi lebih official, daripada milis ini saja.

[wanita-muslimah] Re: Adam bukan Islam!

2005-11-22 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dwi W. Soegardi [EMAIL PROTECTED] wrote: Hadis Arbain no 2: Islam adalah engkau bersaksi tidak ada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah, ..dst dst 1. Mengapa argumentasi yang merujuk pada sumber utama

[wanita-muslimah] Re: tulisan saya dicekal

2005-11-22 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Herni Sri Nurbayanti [EMAIL PROTECTED] wrote: Kemarin juga ada member yg 'protes' via japri dng kelakuan anak WM shg membuat mereka pada kabur. Lantas, dia menuliskan hasil 'diskusi' member2 yg protes (termasuk member yg keluar) ttg milis WM. Hehehe,

[wanita-muslimah] Re: Adam bukan Islam!

2005-11-21 Terurut Topik Anita Tammy
Islam itu bertauhid, kepada The Only One Almighty (silakan terjemahkan dengan bahasa masing-masing). Apakah bertauhid itu? Ya benar-benar tidak ada Ilah lain selain Yang Maha Satu itu. Semua Rasul adalah Islam, dari Adam sampai Muhammad. Tetapi nama Islam sendiri baru didefinisikan pada masa

[wanita-muslimah] Re: Labelisasi halal-haram

2005-11-13 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Herni Sri Nurbayanti [EMAIL PROTECTED] wrote: Maksute mbak anita, Daripada MUI buka usaha label halal, mending dia fokus ke transparansi bahan2 yg digunakan dlm tiap makanan. Memaksa semua produsen utk mencantumkan dng jelas dan detail bahan makanan

[wanita-muslimah] Re: Haram vs Najis

2005-11-13 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, H. M. Nur Andurrahman [EMAIL PROTECTED] wrote: Khamr haram...khamr sudah jelas, semua orang sudah langsung tahu mana yang termasuk khamr mana yang bukan. Nah setelah Baginda Nabi saw sbg. pemegang otoritas itu tiada, orang butuh pegangan ttg batasan dan

[wanita-muslimah] Re: Pembubaran FPI

2005-11-12 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Mhoel [EMAIL PROTECTED] wrote: Begitulah anda didik di keluarga, atau memang masih ada bibit PKI di keluarga anda. Main tuduh membabi buta sudah khas anda Fitnah sdh jadi bagian anda. Mungkin anda sisa PKI yang blm sempat dimusnahin Waduh

[wanita-muslimah] Re: Pembubaran FPI

2005-11-12 Terurut Topik Anita Tammy
Tolong ya mas Ari Setyawan, jangan potong-potong paragraf saya dong. Ini kelanjutan analisis saya tentang anak yg tadinya suka dugem lalu berjilbab: Tapi biasanya mereka lalu tipe orang yg semangat sekali berIslam, ikut pengajian dengan rajinnya. Urusan ritual agama ketat sekali. Saya pikir,

[wanita-muslimah] Re: Labelisasi halal-haram

2005-11-12 Terurut Topik Anita Tammy
Bagus nih input dari mbak Ferona. Apa kabar mbak? :-) Maka itu, saya sudah bilang, lebih baik MUI.. eh.. PEMERINTAH (bukan lewat MUI) memaksa semua produsen makanan untuk mencantumkan tulisan resmi bahan-bahan pembuatnya dengan detail. Biar konsumen menentukan sendiri mana yg boleh dimakan

[wanita-muslimah] Haram vs Najis

2005-11-12 Terurut Topik Anita Tammy
Sedikit potongan artikel dari: http://www.dunia-ibu.org/sharing/index.php?id=389 Bila tercampur antara yang halal dan haram, walaupun sedikit, akan dimenangkan yang haram (hadist). Misalnya ada sebelanga susu tercampur dengan khmar walau 1 ml misalnya maka jatuhnya sudah haram (tidak bisa

[wanita-muslimah] Mbak Tri: liberalisme. Re: Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
Nah, masalahnya, negara Indonesia kan dasar hukumnya bukan Ajaran Agama Islam, tetapi suatu konstitusi nasional yg sudah disepakati oleh berbagai pihak. Jadi, tidak boleh suatu warga negara melanggar hukum, karena alasan agama. Maksudnya, jika menurut hukum negara itu adalah suatu pelanggaran

[wanita-muslimah] Re: Negara-negara Islam serukan penghentian khitan anak perempuan

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Mia [EMAIL PROTECTED] wrote: Komentar dari seorang temen di UNFPA, mungkin istilah 'genital mutilation' kudu di-Indonesiakan, dan bukan disebut khitan. Karena di kebanyakan daerah di Indonesia yang namanya khitan anak perempuan secara tradisi

[wanita-muslimah] Re: Labelisasi halal-haram

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
Saya sependapat dengan mas Ariel tentang kebutuhan masyarakat akan klarifikasi. Tapi menurut saya tidak perlu semudah itu. Cukup kerahkan institusi pemerintah (seperti LP POM) untuk memaksa semua produsen makanan MENCANTUMKAN BAHAN-BAHAN PEMBUATNYA. Itu cukup. Sisanya biar konsumen Muslim yg

[wanita-muslimah] Re: Pembubaran FPI

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
Atau mungkin gara-gara kebanyakan baca Eramuslim, Hidayatullah, Sabili, dll :-) --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ari Condro [EMAIL PROTECTED] wrote: aku gak ngebayangin anda seperti orang yang ikhwan banget kok. yg aku bilang anda pemikirannya kayak anak yg baruikutan harokah.

[wanita-muslimah] Re: Labelisasi halal-haram

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ari Condro [EMAIL PROTECTED] wrote: 3. dalam ilustrasi nomer dua diatas, pendapat mbak tammy ttg bahan pembuat, si ajinomoto ini udah selamat (soale kan gak bakal masuk dalam daftar ingredient). Dan berdasar pandangan wahbah, dimana kita udah gak bisa

[wanita-muslimah] Ramadan helps Muslim market develop in France

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
Aduh, saya nggak tahan untuk menggarisbawahi paragraf-paragraf ini: Some people said we shouldn't put price labels on the Koran. Others complained that girls had stacked them on the shelves or checkout ladies would handle them, said Gacia, recalling his first effort to sell them three years

[wanita-muslimah] Re: Pembubaran FPI

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
Mas Mhoel dan Mas Arcon, saya nimbrung ya. Orang-orang pesantren belajar dari kecil, benar-benar dari dasar, jadi hidup dengan aspek-aspek Islam secara mendalam, sehingga memahami esensinya. Sudah kenyang melahap berbagai macam hadits, menganalisa ayat-ayat sesuai kehidupan sekarang,

[wanita-muslimah] Re: Seorang Gadis ¡°Digilir¡± 35 Pemuda

2005-11-10 Terurut Topik Anita Tammy
Alkisah di sebuah Sekolah Dasar, si Badu mencontek ulangan si Ali. Ali merasa kesal karena Badu mencontek, terus-menerus menengokkan kepalanya ke kertas ulangan Ali. Lalu Ali tampar kepala si Badu: sialan kamu ya! Mencontek terus! Guru pertama kali memarahi si Ali: Tidak boleh memukul teman

[wanita-muslimah] Re: bir non alkohol - FPI : Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-08 Terurut Topik Anita Tammy
mengaku religius juga. Urusan halal-haram MUI memang ruwet. Mosok makanan yg bernama bacon dan bir saja dilarang? Padahal sudah jelas dia tulis beef bacon dan bir dengan alkohol 0%. - Original Message - From: Anita Tammy [EMAIL PROTECTED] AT: Mbak Mei, kalau begitu saya jadi

[wanita-muslimah] Re: bir non alkohol - FPI : Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-08 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ari Condro [EMAIL PROTECTED] wrote: 2. pendekatan yg lebih ditekankan sehingga bir bintang sero masuk kategori haram, memang pendekatan sosiologis politis, maklum lagi di atas angin. alasannya karena khawatir umat terbiasa minum barang yg menyerupai

[wanita-muslimah] Re: bir non alkohol - FPI : Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-08 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, L.Meilany [EMAIL PROTECTED] wrote: Padahal ada produk lain yang juga di haramkan [ versi LPPOM MUI] yaitu shandy dan rootbeer. AT: Rootbeer? Padahal rootbeer ini tidak mengandung alkohol. Bisa dikatakan lebih sedikit alkoholnya daripada jus buah

[wanita-muslimah] Seorang Gadis ¡°Digilir¡± 35 P emuda

2005-11-08 Terurut Topik Anita Tammy
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/1105/09/0106.htm SUKABUMI, (PR).- Polres Kota Sukabumi saat ini tengah menangani kasus perkosaan dan pencabulan, yang dilakukan oleh sedikitnya 35 pria terhadap seorang wanita bernama NK (19) warga Kamp. Selawi Desa Karangtengah Kec. Gunungpuyuh Kota

[wanita-muslimah] Re: FPI : Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-07 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, H. M. Nur Abdurrahman [EMAIL PROTECTED] wrote: -- ALHLAL BYN WALHRAM BYN. Lagi pula Gus Dur, menurut undang- undang yang berhak mengatakan halal dan haram di Indonesia ini adalah MUI. AT: HUSH! Pak Yos ini aneh. Hati-hati kalau ngomong. Masak cuma

[wanita-muslimah] Re: bir non alkohol - FPI : Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-07 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, L.Meilany [EMAIL PROTECTED] wrote: Gak ada yg menghakimi, tapi birbintang non alkohol telah 'menipu' konsumen [islam]. Yg di iklannya seolah dengan non alkohol itu bir itu menjadi 'halal' Karena meski taroklah non alkohol, banyak unsur lain2 yg

[wanita-muslimah] Re: FPI : Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-06 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, L.Meilany [EMAIL PROTECTED] wrote: Kembali ke bir non alkohol : Analoginya [sekedar joke] : kalo babinya dipotong dengan asma Allah dengan syariat islam, apakah menjadi halal? Kan babi juga makhluk ciptaan Allah :-)) Mbak Mei, analoginya nggak

[wanita-muslimah] Re: FPI : Heboh Novel The Da Vinci Code

2005-11-06 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ambon [EMAIL PROTECTED] wrote: Mengenai babi, kalau ingatan saya benar, maka waktu tsunami yang lalu ada dikeluarkan fatwa untuk boleh makan daging babi bagi penduduk yang menderita kelaparan. Rupanya itu MUI Sumatera Utara yang mengeluarkan Fatwa

[wanita-muslimah] Re: Takwil of the day : TOLERANSI - (Syafiq Hasyim)

2005-11-03 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, He-Man [EMAIL PROTECTED] wrote: Saya masih ingat hanya karena debat masalah ajinomoto tiba-tiba saya dikabarkan admin sebuah milis yang gak jelas dan anggotanya pun cuma beberapa belas orang, tapi konyolnya orang-orang harokah itu menyerang saya di

[wanita-muslimah] Dakwah Agama [ppiindia] Re: Padang Pariaman Siapkan Perda Mengaji

2005-11-03 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, anwarhisham [EMAIL PROTECTED] wrote: Coba deh..kalo ada kawan yang non Muslim yang bisa menjelaskan tantangan si jago kita kali ini..mas Hari.. Iya, mas Hari ini ngawur super ngawur. Nggak butuh pengetahuan bible mendalam, cukup dengan Google. Saya

[wanita-muslimah] Re: Masalah Izin Rumah Ibadah, oleh Solahudin Wahid

2005-11-01 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Abdi M.U [EMAIL PROTECTED] wrote: Masalahnya, di kalangan Kristen terdapat kelompok yang punya gereja sendiri-sendiri. Mereka tidak terbiasa pergi ke sembarang gereja, tetapi ke gereja di mana mereka menjadi jema'at. Tidak seperti umat Islam yang pergi

[wanita-muslimah] Re: Adakah Zakat Profesi Dalam Islam?

2005-10-18 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Tri Budi Lestyaningsih \(Ning\) [EMAIL PROTECTED] wrote: 2. Mereka juga mengqiyaskan zakat profesi dengan zakat uang dan harta, bahkan ada pula yang mengkaitkan dengan zakat hasil pertanian. Mereka beralasan, jika petani saja harus mengeluarkan zakat

[wanita-muslimah] Re: Co harokah itu poligamer? ...:-)

2005-10-17 Terurut Topik Anita Tammy
Mbak Aisha, masak sih mereka poligamer? ;-) Yang saya banyak dengar ceritanya justru untuk punya istri satu saja sudah sulit. Ada yg berantem terus, rumahtangga tidak harmonis karena tidak cocok dengan istrinya. Maklum kan, nikahnya kan tidak pakai berteman dulu kenal kepribadian

Ant: [wanita-muslimah] Re: Wanita berjilbab yang tidak berjilbab

2005-10-17 Terurut Topik Anita Tammy
Melihat komentar pak Sutiyoso, juga setelah membaca tulisan-tulisan mbak Ni Londo (salam kenal, mbak.. :-)), saya jadi ingin memberikan sedikit cerita. Di Australia (setidaknya di negara bagian New South Wales), semua murid SMU wajib melakukan studi literatur selama 1 thn di kelas terakhir

[wanita-muslimah] Ayat hari ini

2005-10-16 Terurut Topik Anita Tammy
Hari ini ada seorang teman mengirim potongan surat Al-Fusilat: Siapakah yang lebih baik perkataan daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang soleh, dan berkata sesungguhnya aku termasuk orang yang Muslim. Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu)

[wanita-muslimah] Batas Puasa Re: Hukum Istri Gadungan (dalam film)

2005-10-07 Terurut Topik Anita Tammy
Betul, mbak Chae. Waktu saya di negeri 4 musim, jadwal sholat ada 6 waktu sehari. Maksudnya bukan 6 kali sholat, tapi setelah waktu shubuh ada waktu habisnya shubuh. Dan habisnya shubuh itu terang benderang lho. Kalau mbak Chae mau coba bagaimana dengan Indonesia, coba ke

[wanita-muslimah] Re: Hukum Istri Gadungan (dalam film)

2005-10-07 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Tri Budi Lestyaningsih \(Ning\) [EMAIL PROTECTED] wrote: Hehehe... saya geli baca tulisan mbak Mia ini.. Kayanya bakalan begitu kalau fakta dijadikan hukum... Makanya hukum jangan diambil dari fakta, tapi ambil dari sumbernya.. Sumber itu Quran.

[wanita-muslimah] Re: Definisi zina?

2005-10-02 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dana Pamilih [EMAIL PROTECTED] wrote: DP: Contoh di Eropa ialah siswi2 yg berjilbab tidak mau ikut olah raga spt senam, renang, atau drama. seni musik. seni suara, dsb sehingga kesempatan mereka utk memanfaatkan kesempatan mengembangkan diri menjadi

[wanita-muslimah] Re: Definisi zina?

2005-09-29 Terurut Topik Anita Tammy
Walaupun awalnya saya sependapat dengan pak DP tentang perluasan makna zina sebagai kejahatan sexual instead of illicit sex, kali ini saya jadi nggak sependapat. Pak DP jawabannya nggak nyambung deh. Itu pak Sutiyoso tanya tentang hukum negara mana, kok malah dijawab begitu? :-) Saya juga

[wanita-muslimah] Re: Negosiasi Seorang Pemberantas Maksiat (Re : FPI dan Hizbut Tahrir : Tutup Tempat Maksiat Selama Ramadhan)

2005-09-29 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Abdi M.U [EMAIL PROTECTED] wrote: T : Kalau anda saya beri pilihan yang lebih mudah lagi, yaitu agar di bulan Ramadhan ini anda lebih memperbanyak ibadah sunnah, menyempurnakan puasa anda, memperbanyak i'tikaf dan taraweh, dan mendoakan agar pelaku

[wanita-muslimah] Re: Fw: Berita Duka - Aisha Chuang

2005-09-09 Terurut Topik Anita Tammy
Beneran Aisha Chuang meninggal? Padahal tulisan-tulisan dia bagus-bagus.. sedih kehilangan orang seperti dia :-( --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ari Condro [EMAIL PROTECTED] wrote: Innalillahi wa innailaihi rojiun . salam, Ari Condro - Original Message - From:

[wanita-muslimah] Nama Re: Surat cinta Allah kepada muslimah

2005-08-29 Terurut Topik Anita Tammy
Anda yg tidak teliti, pak. Nama He-Man itu ya pemberian orangtuanya. Namanya He..-..Man.. Jadi tanya sendiri lewat email dia. gorgious itu cuma ID buat email dia. Nggak usah protes lah. Siapapun bebas bikin ID email dgn kata apa saja. Heran, yg begituan diprotes! --- In

[wanita-muslimah] Re: Perempuan dan Kekerasan Anak

2005-08-26 Terurut Topik Anita Tammy
perlindungan anak-anak nanti tak daftar ke PBB. dilanjut besok yach salam, --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, SUTIYOSO WIJANARKO WIJANARKO [EMAIL PROTECTED] wrote: --- Anita Tammy [EMAIL PROTECTED] wrote: --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, SUTIYOSO

[wanita-muslimah] Re: Surat cinta Allah kepada muslimah

2005-08-26 Terurut Topik Anita Tammy
WIJANARKO WIJANARKO [EMAIL PROTECTED] wrote: Anita Tammy [EMAIL PROTECTED] wrote: Oke saya paham anda dalam kehidupan nyata adalah orang hebat, tidak pernah melakukan praktik kekerasan terhadap anak. Sekarang saya jadi mempertanyakan kutipan anda di email-email sebelumnya. Kutipan

[wanita-muslimah] Re: Perempuan dan Kekerasan Anak

2005-08-25 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, SUTIYOSO WIJANARKO WIJANARKO Contoh yang lain, kita memasukkan anak kita dalam sebuah perguruan beladiri, nah dalam latihan penempaan terhadap anak kadang-kadang ada pukulan fisik dari sang guru kepada anak tersebut apakah itu juga kekerasan terhadap

[wanita-muslimah] Re: Habib Rizieq : Merdeka dari maksiat !

2005-08-24 Terurut Topik Anita Tammy
Sayangnya, yang bukan hama dianggap hama juga. Bakteri nitrogen dianggap hama. Dihancurkan. Mati deh. Tanamannya kurang subur. Panennya kurang baik. Sama saja.. --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Abdi M.U [EMAIL PROTECTED] wrote: Assalamu alaikum wr wb., Intisari ceramah Habib Rizieq :

[wanita-muslimah] Re: Habib Rizieq : Merdeka dari maksiat !

2005-08-24 Terurut Topik Anita Tammy
yang berbicara hama juga, mosok jeruk makan jeruk ...?? khan sesama bisa kota tidak akan saling mendahului !!! ... demikian pepatah sopir bis kota. Hm!!!. - Original Message - From: Anita Tammy [EMAIL PROTECTED] To: wanita-muslimah@yahoogroups.com Sent

[wanita-muslimah] Re: Fw.: FPI Tutup Paksa 23 Gereja di Bandung

2005-08-24 Terurut Topik Anita Tammy
Salut buat He-Man. Jujur. Mengakui. Apa adanya. Nggak JAIM (Jaga Image) istilah anak muda untuk orang-orang yg munafik (menutupi keburukan dan berusaha untuk selalu tampak baik). Yang menurut saya banyak dilakukan oleh anak harokah. --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, He-Man [EMAIL

[wanita-muslimah] Re: Permisi, maaf lahir batin.

2005-08-23 Terurut Topik Anita Tammy
Dalam bahasa Jawa, momok artinya hantu ;-) Waktu saya kecil, kalau menangis dibilang jangan nangis, ntar didatangi momok lho :-) Coba ucapkan kata momok dengan aksen Jawa. Beda sekali kedengarannya dengan aksen Indonesia. --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Chae [EMAIL PROTECTED] wrote:

[wanita-muslimah] Re: POLLING ABDUL LATIF/TAUFIK MALIN DI BANNED ?????

2005-08-23 Terurut Topik Anita Tammy
Buat pak Baz. Kenapa tulisan mbak Ning nggak dikeroyok, tapi ditanggapi baik-baik? Karena tulisan mbak Ning SEJUK. Kenapa tulisan anda dikeroyok? Karena tulisan anda TIDAK SEJUK. Anda sendiri jelas- jelas mengaku sudah mau masuk persneling gigi 8. Ngaku sendiri kalau sudah naik pitam? Buat apa

[wanita-muslimah] Re: gerakan sejuta jilbab

2005-08-22 Terurut Topik Anita Tammy
Iya, saya sependapat bagi mbak Chae. Jangan sampai jilbab gratisan ini dijadikan ajang asal punya jilbab oleh mereka yg tidak benar- benar niat berjilbab. Lebih baik bagi yg sudah berjilbab tapi butuh lagi, baru dibantu. --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Chae [EMAIL PROTECTED] wrote:

[wanita-muslimah] Re: Wanita Bekerja Diluar Rumah

2005-08-21 Terurut Topik Anita Tammy
--- In [EMAIL PROTECTED], Mia [EMAIL PROTECTED] wrote: No, saya nggak pernah bilang bahwa kodrat biologis itu nggak berubah. Kalimat mana yang menunjukkan ke kesimpulan itu? Bahkan dari dulu saya bilang sebaliknya. Kodrat biologis itu nggak statis, tapi perubahannya ultimate artinya

[wanita-muslimah] Re: Wanita Bekerja Diluar Rumah

2005-08-21 Terurut Topik Anita Tammy
Saya lagi mengamati diskusi mbak Ade dan mbak Mia nih. Saya coba komentari, ya. Semoga kedua pihak membaca tulisan saya sebagai pengamat. Pertama, mbak Ade menyatakan soal kebenaran yg baik bagi kita masing- masing karena cocok dengan aplikasi kita masing-masing (ingat nggak mbak Ade, kita

[wanita-muslimah] Re: Permisi, maaf lahir batin.

2005-08-21 Terurut Topik Anita Tammy
Komentar juga ah. Mbak Mia bilang diskusimu seperti belut licin berarti emang diskusinya yg seperti belut, bukan mbak Adenya. Tapi, mbak Mia menurut saya agak kasar juga menggunakan kata-kata (ketularan Sato?). Kalau boleh saya kritik, waktu mbak Mia bilang mbok ya jangan nyeplak naluri,

[wanita-muslimah] Buat mbak Ade Re: Wanita Bekerja Diluar Rumah

2005-08-21 Terurut Topik Anita Tammy
Saya sepakat kok mbak, kalau anda tidak memaksa siapapun untuk sependapat dengan anda. Saya pun juga begitu. Yang saya maksud di sini adalah, alangkah lebih baiknya kalau sikap mbak Ade itu bisa ditularkan ke orang-orang lain. Misalnya dalam bahasan konstruk sosial, kalau di sebuah

[wanita-muslimah] Re: Wanita Bekerja Diluar Rumah, biologis

2005-08-21 Terurut Topik Anita Tammy
He he he, memang agak pusing baca tulisan mbak Mia. Tapi saya coba jelaskan naluri secara sederhana, dari apa yg saya tangkap. Naluri itu mungkin seperti nafsu? Nafsu makan, adalah karena naluri ingin makan. Kalau ingin punya anak, jadi memang ada keinginan alam bawah sadar yg tidak bisa

[wanita-muslimah] Re: Sebanyak 60 Persen Aborsi Dilakukan Remaja

2005-08-21 Terurut Topik Anita Tammy
Jadi pengen sharing, cerita dari teman yg punya junior di kampus yg bermasalah. Sepasang anak muda ini pernah berhubungan seksual dan akhirnya si perempuan hamil. Mereka takut sekali untuk melapor ke orangtua mereka, karena takut dimarahi. Si laki-laki terutama takut orangtuanya mengusirnya

[wanita-muslimah] Re: Wanita Bekerja Diluar Rumah

2005-08-20 Terurut Topik Anita Tammy
Mbak Mia, sepertinya mbak Ade sudah memahami kok soal kotak-kotakan itu. Saya sangat sepakat dengan tulisan mbak Ade. Karena mbak Ade jelas-jelas menulis bahwa kotak-kotak itu bukan pembagian antar gender, tapi simply pembagian kerjaan saja. Misalnya suami-istri sepakat bahwa ini kerjaan

[wanita-muslimah] Re: Fw: The Island

2005-08-20 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ari Condro [EMAIL PROTECTED] wrote: Tulisan menarik dari salah satu jagoan dunia maya favorit saya, Rebecca Khoo. Silakan dinikmati. Refleksinya atas 17 Agustus 1945. - Original Message - From: BECKhoo [EMAIL PROTECTED] To:

[wanita-muslimah] Re: Fw: Message not approved: Gus Dur Maafkan Pengancamnya

2005-08-10 Terurut Topik Anita Tammy
Walaupun berita di Kompas bilangnya si oknum menteri itu sudah diklarifikasi belum jelas siapa orangnya, tapi oknum yg dicurigai itu kalau saya search namanya di Google ternyata berafiliasi dengan PKS :-) Apakah mereka merasa? Lalu dikritik kok gak suka? :-( Ck ck ck.. --- In

[wanita-muslimah] Re: Pengakuan dosa

2005-08-10 Terurut Topik Anita Tammy
Iya mbak Lina, sama dengan masalah saya. Saya ikutan beberapa milis, juga begitu. Ada satu milis yg tidak pernah memunculkan posting saya, karena itu milis yg dimoderasi, punya settingan moderasi. Kalau milis- milis yg non-moderasi alias bebas ngejunk (milis-milis alumni ;-P) pasti postingan

[wanita-muslimah] Re: SBY Pertanyakan Fatwa MUI

2005-08-10 Terurut Topik Anita Tammy
Sependapat dengan pak Chodjim dalam 2 hal: 1. Siapapun yg mengucapkan syahadat itu Muslim. Mau dia punya nabi baru, ya biarlah. Buktinya banyak dari orang yg mengaku Islam kaffah tapi punya nabi baru: Bukhari ;-) 2. Kalau kita berdzikir, dialog dengan Allah, memang rasanya tenang, sehingga

[wanita-muslimah] Re: Absurditas Penolakan Fatwa MUI

2005-08-10 Terurut Topik Anita Tammy
Absurditas Penolakan Fatwa MUI Oleh: M. Shiddiq al-Jawi* Publikasi 10/08/2005 Tiga peristiwa di atas bermuara pada satu kesimpulan, yaitu tidak dibenarkan adanya logika menundukkan Islam pada nilai atau pandangan hidup di luar Islam. Maka, logika penentang fatwa MUI yang seperti itu,

[wanita-muslimah] Re: Tokoh Agama Mengutuk =- 11 Fatwa MUI, Mulai Imam Perempuan Hingga Liberalisme

2005-07-29 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dini [EMAIL PROTECTED] wrote: Btw..bukannya partai beda ma agama?? :) kalau mau bikin partai campuran mah ok2 aja.. Wah mbak Dini ini.. kan ditulis oleh bung He-Man soal idelogi si partai itu. Jadi ideologi itu apa? Berlandaskan pada suatu agama

[wanita-muslimah] Re: PP Muhammadiyah Mengecam Kekerasan Terh adap Ahmadiyah

2005-07-29 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, D'Laudza [EMAIL PROTECTED] wrote: Anita Tammy [EMAIL PROTECTED] wrote: Apalagi cuma sekedar beda cara sholat, ini asli perkataan anda, saya kira keseleknya kamu disini, padahal udah jelas sabda rasul shallu kama ra'aitumuu nii ushalli, tarikus

[wanita-muslimah] Re: DPRD Bogor Minta Bupati Larang Aktivita s JAI

2005-07-29 Terurut Topik Anita Tammy
Sekali lagi saya ulangi ini untuk kang Dadang: Lebih parah mana, yg mencaplok nama Islam untuk landasan kekerasan? FPI yg preman? Atau para teroris itu? Ahmadiyah at least bersyahadat, mengakui Allah yang esa dan Muhammad sebagai Rasul. Masih disebut bukan Islam? --- In

[wanita-muslimah] Re: Tokoh Agama Mengutuk

2005-07-28 Terurut Topik Anita Tammy
Mbak Mia sepertinya bukan sedih karena dirinya dituduh. Tapi karena sedih melihat kenyataan terbolak-balik. Bukannya orang-orang seperti FPI yg dianggap negatif, tapi malah orang-orang yg berbicara baik- baik (tanpa kekerasan dan main hakim sendiri) yg dianggap negatif (dalam konteks ini:

[wanita-muslimah] Re: Istri idaman

2005-07-24 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Muhkito Afiff [EMAIL PROTECTED] wrote: Kriteria istri idaman adalah: 1. Seorang suami yang ganteng, pintar bersolek, memasak dan mengurus rumah adalah hal yang penting. 2. Seorang suami yang periang, enerjik, dapat membuat kita tertawa dan menghibur di

[wanita-muslimah] Re: Tokoh Agama Mengutuk

2005-07-21 Terurut Topik Anita Tammy
sudah punya track record preman. Kalo nggak ...astaghfirullah Indonesiaku tercinta..parahhh... Salam Mia --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, melumilis [EMAIL PROTECTED] wrote: --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Anita Tammy [EMAIL PROTECTED] wrote: AT: MUI mengaku

[wanita-muslimah] Re: PP Muhammadiyah Mengecam Kekerasan Terhadap Ahmadiyah

2005-07-21 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, id [EMAIL PROTECTED] wrote: Tapi kan Ahmadiyah itu udah jelas menyesatkan umat...jadi gimana? kalau dibiarkan dan makin lama terus berkembang, apa pemerintah gak kewalahan juga... salam, id Menyesatkan bagaimana? Mereka bilang ada Rasulullah

[wanita-muslimah] Re: PP Muhammadiyah Mengecam Kekerasan Terhadap Ahmadiyah

2005-07-21 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Tri Budi Lestyaningsih \(Ning\) [EMAIL PROTECTED] wrote: Cuma gara-gara nambah nabi, mbak Niet? Wah, kalau tiba-tiba ada yang ngaku nabi di mana-mana, apa ngga akan membingungkan umat mbak Niet? Apalagi nabi tsb dibolehkan membuat aturan-aturan

[wanita-muslimah] Re: Tokoh Agama Mengutuk

2005-07-20 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ambon [EMAIL PROTECTED] wrote: Din menegaskan, fatwa sesat yang dikeluarkan MUI mengacu pada fatwa Liga Negara Islam. Fatwa MUI itu mengacu fatwa Liga Islam Sedunia (Rabitha al `Alam al Islamy). Fatwa Liga Islam Sedunia mengatakan ajaran Ahmadiyah

[wanita-muslimah] Re: hukuman pezina

2005-07-20 Terurut Topik Anita Tammy
--- Yahoo! Groups Survey --~-- Please help us to improve Yahoo! Groups. Take the survey now! http://v2.decipherinc.com/survey/yahoo/yah05016 ~- --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com,

[wanita-muslimah] Re: Wanita Dirampok dalam Taksi

2005-07-07 Terurut Topik Anita Tammy
Meidear, kalau sudah malam jangan menyetop taksi apapun di jalanan, jadi lebih baik kita telpon saja ke perusahaan taksi minta dikirim taksi ke tempat kita menunggu ya? Satu lagi, kalau katanya ponsel perlu dimatikan, lalu gimana telepon ke rumah dari dalam taksi? :-) Mohon dijelaskan mbak

[wanita-muslimah] Re: Pencatatan Nikah Memperkuat Komitmen

2005-07-06 Terurut Topik Anita Tammy
rasional mba Terima kasih -Original Message- From: wanita-muslimah@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Anita Tammy Sent: 05 Juli 2005 15:17 To: wanita-muslimah@yahoogroups.com Subject: [wanita-muslimah] Re: Pencatatan Nikah Memperkuat Komitmen --- In wanita-muslimah

[wanita-muslimah] Re: Ralat.Pro HMNA. APAKAH ISLAM AKAN BERJAYA DI AMERIKA ATAU DI ASIA?

2005-07-06 Terurut Topik Anita Tammy
Mungkin ini hadits yg dimaksud? Allah tidak akan berbelas kasih pada seseorang bila ia tidak mengasihi sesamanya, Hadist riwayat Bukhari, dan Thabrani. --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, abdul latif [EMAIL PROTECTED] wrote: Assalamu'alikum wr wb Kalau hadist yaa saya kalah dehhh

[wanita-muslimah] Re: Pro HMNA. APAKAH ISLAM AKAN BERJAYA DI AMERIKA ATAU DI ASIA?

2005-07-05 Terurut Topik Anita Tammy
. :-) Kita di sini berbeda-bead sudut pandang. Justru dengan sudut pandang yg beda-beda itu saya merasa menemukan kekayaan, yaitu kekayaan sudut pandang. Alangkah indahnya kalau semua orang di dunia bisa lihat dari banyak sudut pandang, pasti nggak akan ada yg berantem lagi. Salam, Anita Anita

[wanita-muslimah] Re: Jangan Kaget Anak Ngeseks!

2005-07-05 Terurut Topik Anita Tammy
. Bukan pihak yg berdiskusi. He-Man gak bilang pak HMNA tolol, lho. -Original Message- From: wanita-muslimah@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Anita Tammy Sent: 05 Juli 2005 11:05 To: wanita-muslimah@yahoogroups.com Subject: [wanita-muslimah] Re: Jangan Kaget Anak

[wanita-muslimah] Re: Pro HMNA. APAKAH ISLAM AKAN BERJAYA DI AMERIKA ATAU DI ASIA?

2005-07-05 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Sato Sakaki [EMAIL PROTECTED] wrote: Coba tanya Sato Sakaki yg dulu suka main tuduh orang dengan berbagai prasangka. :-) Prasangka? Tulisan atau komentar yang murni tertuang dari pemikiran seseorang mencerminkan pandangannya mengenai satu isyu.

[wanita-muslimah] Re: Pro HMNA. APAKAH ISLAM AKAN BERJAYA DI AMERIKA ATAU DI ASIA?

2005-07-04 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, MEY Sirajudin [EMAIL PROTECTED] wrote: Sekedar membantu apa yang ingin disampaikan P HMNA atas pertanyaan Mbak Tami Apa yang P' HMNA sampaikan sangat jelas, tdk seperti P' Abdul Latif mengambil ayat Qur'an untuk kepentingan Barat dan Yahudi

[wanita-muslimah] Re: Pencatatan Nikah Memperkuat Komitmen

2005-07-04 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dadang Fahmi (QA) [EMAIL PROTECTED] wrote: Bagimana dengan nikahnya para artis yang dicatat juga kok malah banyak yang pudar komitmennya? Pencatatan bukan sesuatu yang penting dalam pernikahan karena pencatatan tidak menambah apa2 kecuali dasar hukum

[wanita-muslimah] Re: Terima kasih atas tanggapannya - OOT - Mengawal anak remaja ..dst

2005-07-04 Terurut Topik Anita Tammy
Sependapat dengan mbak Ning dan mbak Mia, saya juga senang membaca tulisan anda. Anda juga sadar bahwa solusi ini sangat relatif tergantung situasi dan kondisi, dan juga tidak mutlak. Anda juga telah cerita soal kedekatan anda dengan anak-anak. Menurut saya, keputusan anda itu tepat untuk

[wanita-muslimah] Re: Kapan Kita Berhenti Menangis?

2005-07-03 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ambon [EMAIL PROTECTED] wrote: Ada ketentuan di negara maju, bila ke sekolah, murid wajib menggunakan bis sekolah. Suasana gembira dan kebersamaan dimulai sejak berangkat dari rumah. Situasi ini pernah kita rasakan tahun 1950-1960-an saat seragam belum

[wanita-muslimah] Re: Pro HMNA. APAKAH ISLAM AKAN BERJAYA DI AMERIKA ATAU DI ASIA?

2005-07-03 Terurut Topik Anita Tammy
Iya pak HMNA, kalau ada yg salah jangan dikata-katain atau diolok- olok saja dong. Tolong yg salah itu dibetulkan dong, diberitahu seperti apa yg benar. Kan juga berguna untuk penghuni WM yg lain. Kami kan mau tahu juga pak, seperti apa yg benar, kalau yg ditulis pak Abdul Latif itu salah.

[wanita-muslimah] Re: Jangan Kaget Anak Ngeseks!

2005-07-01 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dadang Fahmi (QA) [EMAIL PROTECTED] wrote: Kepada moderator agar perhatikan kalimat he-man ini yang telah mengelaurkan kata2 tidak manusiawi, seperti ini, karena mungkin he-man ini bukan manusia,Pernikahan dini itu cuma solusi tolol dan justru

[wanita-muslimah] Re: Fw: Mengapa Kita Perlu Meniru Barat?

2005-07-01 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dadang Fahmi (QA) [EMAIL PROTECTED] wrote: Maaf bahasa anda sudah ngacohe-man kejahatan itu pelanggaran, maka tidak tepat membagi kriteria sebuah tindakan dengan pembagian seperti anda itu. Maaf saya tidak pernah mengaitkan dengan JIL, baca

[wanita-muslimah] Re: OOT - Mengawal anak remaja dalam menyusuri gemerlap kehidupan kota besar.

2005-07-01 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, MEY Sirajudin [EMAIL PROTECTED] wrote: ABG trus ngesek, itu memang NGGAK BENER dan jelas memang tdk bener, yang BELUM TENTU BENER adalah ABG ngesek trus doyan ke panti asuhan. Yang menjual diri pun juga Jelas NGGAK BENER. ABG yang patuh dan taat

[wanita-muslimah] Re: Pendidikan Seks buat Anak...

2005-06-30 Terurut Topik Anita Tammy
seksual cukup muda, tetapi kasus aborsi di kalangan remaja sangat minim, termasuk terendah di dunia. Jadi, mereka anggap ini hasil dari pendidikan yg terbuka tentang kesehatan reproduksi dan alat kontrasepsi untuk remaja. Salam, Anita --- Anita Tammy [EMAIL PROTECTED] wrote: Untuk itu, di

[wanita-muslimah] Economic Hitmen

2005-06-30 Terurut Topik Anita Tammy
Jadi ingat diskusi saya dengan Sato dulu tentang terusan Panama ;-) Coba ini ada infonya sedikit di sini. Buat moderator, maaf kalau topiknya tidak cocok. Ini agak politik, ya? Tapi berhubung terkait dengan Indonesia, ya saya anggap masih relevan dengan kita orang Indonesia di sini. Salam,

[wanita-muslimah] Re: Isi Otak Lelaki Tentang Wanita

2005-06-29 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, hastin hasikin [EMAIL PROTECTED] wrote: terus, kalau misalnya pakai jilbab rapi, dalam artian ketutup deeh, tapi wajahnya cantik, masih aja digodain, lah ini gimana juga? Sependapat, mbak! Pengalaman nih. Nggak cuma digodain, yang colek pantat aja masih

[wanita-muslimah] Re: OOT - Mengawal anak remaja dalam menyusuri gemerlap kehidupan kota besar.

2005-06-28 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Tri Budi Lestyaningsih \(Ning\) [EMAIL PROTECTED] wrote: Jadi, saya tidak setuju bahwa untuk remaja yang sudah biasa bersex bebas, kemudian diberikan SOLUSI dengan memperkenalkan alat sex aman dan penyuluhan mengenai cara ber-sex yang aman. Yang benar,

[wanita-muslimah] Re: OOT - Mengawal anak remaja dalam menyusuri gemerlap kehidupan kota besar.

2005-06-28 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, ayeye1 [EMAIL PROTECTED] wrote: Cuma solusi seperti itu cenderung belum bisa diterima di setiap lingkungan sosial karena dianggap tidak sesuai dengan tradisi nilai keagamaan. Nah dalam kondisi seperti itu, bagaimana jika solusi dari Mbak Anita dipakai

[wanita-muslimah] Re: Jangan Kaget Anak Ngeseks!

2005-06-27 Terurut Topik Anita Tammy
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dadang Fahmi (QA) [EMAIL PROTECTED] wrote: Saya mendukung sikap bijak seperti ini, walaupun sebagian orang yang hobi ngeseks malah mencibir pernikahan dini dan membangga-banggakan perzinahan dini, kumpul kebo dan perselingkuhan. Wassalam Menurut

[wanita-muslimah] Home Sweet Home USA Re: MUSUH UTAMA UMAT ISLAM ADALAH KEMISKINAN BUKAN AMERIKA

2005-06-26 Terurut Topik Anita Tammy
Cerita orang Yunani muslim yg merasa Amerika lebih cocok jadi rumahnya, bukan Yunani negara asal orangtuanya (sepertinya paspor dia pun masih paspor Yunani/Greece). Coba baca paragraf terakhir. Salam, Anita http://www.meca-online.org/alrabitavol2issue4.pdf HOME SWEET HOME By YUSIF AKHUND

[wanita-muslimah] Re: Pengadilan Belgia Dukung Pelarangan Jilbab di Sekolah

2005-06-20 Terurut Topik Anita Tammy
Dalam tulisan itu ditulis: merujuk kepada tata tertib internal sekolah bisnis di Hasselt yang melarang pengenaan jilbab, di mana keenam siswi itu telah menyepakatinya ketika mereka masuk ke sekolah. Lagi-lagi ini urusan seragam sekolah. Kalau nggak mau ngikutin seragamnya ya jangan sekolah

[wanita-muslimah] Re: Sekolah Swasta Kanada Ijinkan Muslimah Pakai Jilbab

2005-06-20 Terurut Topik Anita Tammy
Nah, inilah bedanya Kanada, Belgia, Perancis. Pemerintah Kanada dan Belgia sama-sama tidak melarang jilbab, tapi di Kanada sekolah swasta wajib mengikuti aturan negeri juga, sementara di Belgia tidak. Sedangkan di Perancis justru aturan negerinya melarang jilbab, di mana sekolah swasta tidak

[wanita-muslimah] Darah Halal

2005-06-18 Terurut Topik Anita Tammy
Coba lihat dalil-dalil baik dari Quran maupun Hadits yg dikutip dalam jawaban pertanyaan ini. Pantas saja ada penghalalan darah. :-( Salam, Anita http://www.syariahonline.com/konsultasi/?act=viewid=4774 Dalil Tentang Hukuman Mati Buat OrangMurtad Assalamu 'alaikum wr. wb. Ustadz saya ingin

  1   2   >