Bang Jamal dan  mas Dapit,

  kalo guru saya sih amat sangat ikhlas, kadang tak ada uang kami berlatih,
prinsip beliau adalah menunaikan amanat sang mertua untuk terus melestarikan
aliran ini yang tertinggal.

  kadang kami hanya makan bersama usai latihan di warung Padang. Karena
keikhlasannya untuk silat ini dan karena banyak denger janji-janji dari tahun
lalu jugalah beliau keluar kerja hanya untuk konsens disini...tapi apa yang dia
dapat? Janji-janji itulah yang sekarang membuat kami jenngkel. Kalau cuma mikir
uang, mungkin kami akan pergi ke Yaman (hadra maut), dimana pak Eddie minta
ngajar disana.. dengan gaji besar. Tapi guru kami tidak berpikir begitu.

  kami tak pernah membatasi orang belajar di kami....tak terlampau jauh dari
kantong kok! ilmu itu milik Allah...kami tahu itu, tapi kenapa ya belajar di
Harvard musti bayar? tapi kenapa kok belajar bela diri di Jepang mahal...? coba
abang ini ketemuan deh, kenapa kita harus begini....kami latihan kadang
membayarnya dengan tenaga (kalo lagi tongpes), pikiran, kadang dengan kehadiran
yang bikin kita jadi enak ketawa...itu juga bayaran yang menurut kami bentuk
lain dari apa yang tidak kami mampu bayar.

  ada beda antara profesional dan mata duitan...kami merasa beliau bisa kok
disebut profesional, jadi sah kok di beri reward. itu pemikiran kami.....

  Abang Jamal, kapan-kapan kita ketemuan dong...bahas hal kayak gini, he he he
jangan jangan guru abang kita ini saudagar....atau direktur perusahaan gede
jadi gak mikirin fulus...tapi ane salut ...TOP lah!!

  salam,

  wans

Alda Amtha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Bang Jamal & mas Dapit Bekam,

Masalah imbalan buat guru silat bukan masalah yg sederhana. Disatu
sisi, kayaknya kok gak rela ya pencak silat diharagain dg uang, tapi
disisi yg lain kita semua tau bahwa banyak diantara guru silat ini
sangat mebutuhkannya, apalagi mengingat situasi negara kita saat ini.

Di forum diskusi sahabatsilat.com udah ada bahasan tentang topik ini.
Agar diskusi kita tercatat dengan baik, dapat diikuti terus menerus
dan tidak hilang begitu saja, mohon abang2 dan mas2 melanjutkannya disini:
http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=57.0

Salam Pencak Silat dan Tetap Semangat...!!

--- In silatindonesia@yahoogroups.com, "Jamaludin Aziz" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Hehe, sy jg bang, sedikit kaget, trus sy scroll kebawah mo cari hal2
bikin bang Iwan rada tegas jawabnya, tp ga nemuin, cuman pertanyaan
biasa, makanya rada bingung jg, tp setelah baca komen bang Dapit baru
ngarti, kalo jawaban itu erupakan akumulasi pertanyaan dan komen2
sebelumnya ttg Silat tsb...

> Saya jg sedikit nyingung soal harga disini, betul utk ilmu emang ga
bisa dihargain seperak dua perak. makanya saya setuju dgn bang Dapit,
harga itu relatif. cmn yg jd pikiran sy, gimana kalo latihan ga
dipungut biaya apapun krn ngelatihnya ikhlas dan sukarela, apakah itu
artinya ilmu tsb "ga berharga"? gimana kalo misalnya ada org yg pingin
bgt belajar tp ga mampu secara finansial ? bukankah tujuan kita
melestarikan Silat, tp kalo ada batasan2 tertentu sehingga banyak yg
mundur dari niatnya belajar hanya krn masalah materi, apakah
kelestarian itu masih bisa tetep terjaga?

> saya ambil contoh ditempat saya belajar. Guru saya ga pernah minta
yg namanya bayaran, krn dia pun belajar ga pake bayaran, disini, dia
menekankan keikhlasan dan kesabaran. krn dia ga ingin muridnya ga
latihan hanya krn ga mampu bayar. ga bisa dipungkiri, dia emang butuh
materi, krn dia dr keluarga yg paspasan, tp ada yg jauh lebih besar yg
lebih berharga dari uang, yaitu kelestarian, dan jg tanggung jawab dia
sebagai hamba terhadap Tuhannya yg mewajibkan mengamalkan apa yg dia
bisa. dlm pandangan dia, dia ngajar ikhlas, dia pun ingin muridnya
nerima pelajaran dgn ikhlas. dia nggak ingin ada motivasi lain dlm
belajar selain ingin bisa jaga diri, keluarga dan lingkungan. jd sy
pikir biaya murah atau mahal bukan utama, yg penting ada keikhlasan
dalam memberi ataupun menerima. Pun guru saya, ga nampik jika ada yg
menawarkan sejumlah uang, krn dia jg membutuhkannya, cmn yaitu, semua
dilandasi dgn keikhlasan, krn dia nggak ingin pemberian tsb jd mudarat
buat dia.

> Maaf yah kalo ada yg ga nerima komen saya atau tersinggung, saya
hanya orang awam yg ingin belajar melestarikan silat, tp saya jg bukan
dari kalangan yg mampu mengeluarkan sejumlah harga utk bisa
mendapatkan ilmu. sekali lagi maafkan...

> Salam
> Jamal Aziz

lebar untukr untuk pertanyaan yang cukup singkat di milist ini....!!

terhadap postingan-2 lain yang ada di forum diskusi di sahabatsilat.com

standarnya harganya, mahal atau murah itu relatif, kalau ilmunya
mumpuni dan muridnya mampu dan mau untuk bayar, berapapun harganya
tidak ada yang mahal....!!

diberikan kesempatan untuk belajar...!!

belajar Wushu dengan mendatangkan pelatih dari Cina. Setiap bulan saya
harus harus membayar Rp1 jt per bulan per anak... ditambah biaya-2
lain spt biaya tiket, visa, working permit dsb yang juga ditanggung
bersama.

yang akan dikeluarkan akan jauh lebih besar dari ini.

cuma Rp75,000 per bulan untuk latihan 2 x seminggu.