Menarik masalah "imbalan" terkait loyal / respect pada
perguruan.
Saya punya pengalaman melatih di Indonesia dan USA.
1. di UNPAD 4 tahun
2. di ITB  5 tahun hingga jadi alumni.
3. di Konsulate Jenderal New York City 3 tahun
semua yang saya ajarkan "GRATIS", selama 12 tahun
bahkan lebi.

Dulu saya merasa malu kalau di bayar, ibarat di beli,
paling tidak suka kalau ilmu silat di beli bahkan
manusianya ibarat budak belian.
Sangat paling tidak suka juga kalau memperbudak /
diperbudak.Tapi paling tidak suka melihat orang pelit
ilmu dan pelit kaya orang Belanda,

Tapi bila saya berguru tidak pernah "gratis" pasti
saya bayar / imbalan asal wajar-saja standarnya.
Di USA kalau mau bayar , bayarkan saja untuk  ruangan
tempat latihan,
perjamnya bisa $ 75  sampai  $ 150 per jam,  jadi ilmu
silatnya gratis.

Perbedaan imbalan di Indonesia jaman saya bisa macam2
interpretasi, bila murid dapat pelajaran gratis dari
Sang Guru mudah2an bisa loyal dan mengembangkan,
memelihara dan melestarikan perguruan.
Imbalan bisa saya hadiah barang2 kebutuhan dapur Sang
Guru atau memberikan bantuan pekerjaan lain yang
mapan, misal kalau dia sarjana ITB/UNPAD/UI nganggur
bantu masukin kerjaan sesuai bidangnya itu sudah
imbalan sekalian nolong orang nganggur.

Di USA kalau bayar di beli gurunya belum tentu loyal
bahkan gratispun sama saja belum tentu loyal. Maka itu
mereka suka mencapur aduk gaya silat atau ngarang
sendiri karena sudah dapet ilmumnya.

Gurupun bisa di hina, di maki2, di lecehkan di anjing2
kalau murid nggak dapat yang ia inginkan misal TENAGA
DALAM YANG DAHYAT murid  bisa marah2.

Yang parah kalau GURU SILAT bisa di SUE oleh murid2
USA, mereka ingin cari duit gampang melalui LAWYERNYA.

Murid di USA adalah "raja" sedangkan guru  silat
adalah pelayan atau budak / kacung.

Pengalaman saya ini nyata lho bukti.....

Kang Yana
New York City

--- Alda Amtha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bang Jamal & mas Dapit Bekam,
>
> Masalah imbalan buat guru silat bukan masalah yg
> sederhana. Disatu
> sisi, kayaknya kok gak rela ya pencak silat
> diharagain dg uang, tapi
> disisi yg lain kita semua tau bahwa banyak diantara
> guru silat ini
> sangat mebutuhkannya, apalagi mengingat situasi
> negara kita saat ini.
>
> Di forum diskusi sahabatsilat.com udah ada bahasan
> tentang topik ini.
> Agar diskusi kita tercatat dengan baik, dapat
> diikuti terus menerus
> [...]

Be a better Heartthrob. Get better relationship answers from someone who knows.
Yahoo! Answers - Check it out.