Sahabat silat.......,

Rasanya masalah yg digelar Bobbe lebih ditujukan kepada Forum, bukan pada
substansi silatnya.
Siapapun orangnya kalau "belang" nya terbuka, pastinya akan berusaha untuk
menutup malu dengan
aneka cara. Rasanya gak wajar kalau mereka sudah mengaku sebagai pendekar
atau master, meninggalkan
adab kependekaran. Jiwa ksatria selalu ditanamkan oleh semua guru silat
kepada murid2nya.
Tidak ada guru silat di Indonesia yang menganjurkan siswa2nya untuk ngejago
setelah mereka tuntas belajar silat.

Forum berusaha agar silat lebih dikenal masyarakat dunia. disisi lain
diantaranya masih ada keengganan membuka diri untuk dipelajari oleh orang
lain / asing karena masalah primordial. Isolasi semacam inilah yang kita
harap bisa terbuka. Kita bisa lihat contoh dengan aneka aliran Kung fu yang
dikenal masyarakat dunia karena mereka mau membuka diri.

Pekerti orang asing inilah yang mengatakan "water down"  terhadap aliran
pencak silat yang eksis. Sedangkan silat yang asli sudah punah Pekerti
semacam ini yang harus dibabat.
Kita meyakini bahwa tidak semua pesilat USA berpekerti seperti itu. Dan
dunia juga layak tahu bahwa pencak silat yang asli masih ada dan hidup.

Sahabat silat
Beps