Kalo soal pistol, dari catatan Belanda disebutkan, pitung memperolehnya dari
demang atau opas atau orang kaya yang dirampok atau dibunuhnya. Ketika
merampok ia juga tidak segan2 melukai korbannya dengan tembakan.

Soal keturunan Tinghoa, memang ada yg berpendapat demikian spt budayawan
Betawi Ridwan Saidi. Hal ini masuk akal mengingat etnis Tionghoa di betawi
punya sejarah panjang ketidaksukaan dan pemberontakan terhadap pemerintah
kolonial Belanda.

Selain itu, masyarakat Cina di Batavia, sesuai dengan studi sejarawan Lance
Castle, didominasi Cina peranakan yg beragama Islam dan hidup berbaur dgn
pribumi d wilayah udik (Omnelanden) di luar tembok benteng Batavia.

Tetapi catatan Belanda menyebut pitung adalah seorang pribumi. Bisa jadi
kawan-kawan si pitunglah yng merupakan keturunan Tinghoa (seperti Dji-ih).

Nama Pitung sendiri bukan nama Tionghoa, tetapi merupakan singkatan "Pituan
Pitulung" yang berarti kelompok 7 orang.

Ini karena Pitung, bersama 6 orang anggota kelompoknya selalu mengenakan
pakaian yg sama (sarung dililit di leher, baju hitam dan celana pendek hitam
plus pistol atau golok). Mereka semua selalu menyatakan masing2 adalah
pitung, sehingga sulit bagi orang untuk membedakan mana pitung, mana
kawan2nya.

Tetapi setelah Dji-ih ditangkap Belanda (Dji-ih sempet kabur ke Singapur!),
barulah diketahui siapa si pitung dan Scout Hinne berhasil menjebak dan
membunuhnya. Nama asli si pitung adalah Alamsyah.

Kirim email ke