Sahabat silat

terima kasih atas kajiannya  dari informasi dari
intektual academisi
penelitian saya tentang si pitung dengan pendekatan
eksploratif en kualitatif, meskipun yang didapat kan
hanya ceritera berupa  berdasarkan mithos  yang
cenderong merupakan pendapat pribadi yang cenderung
pendapat subyektif dari pada yang realistis. tetapi
berita itu didapat dari sumber yang dari orang orang
yang representafe dari dunia yg digelutinya seperti
jagoan, pendekar dan ulama mereka menyimpan sejarah
secara oral traditi mereka praktisi bukan academisi yg
hanya mengadakan penelitian sesaat.
namun untuk mendapatkan kebenaran berita, saya
mengadakan cross-cheek dengan bahan bahan yang ada
tersedia di perpustakaan seperti di KITLV Leiden dan
arsip nasional.
kenapa kita sebagai pelaku sejarah kita terpaku dengan
satu sumber academisi yang belum juga pasti benar.
berita itu membelenggu generasi kita untuk berkembang
dan disampaikan berita itu menjadi ketuk tular
kegenerasi berikutnya.
Bukannya sejarah itu bisa dilihat dari sudut pandang
yang berbeda.

wassalam

Untuk mendapat

=== message truncated ===