ya udah....bang Amal dipoto aja peragain jurus nyang asimilasi Cina ama lokal
betawi (kalo perlu 1000 poto....biar jelas he he he ane juga pengen liat tuh
bang Amal kalo meragain.

  Bang Ocid, duduk manis liatin, okeh?!....

  kang Didit, ane belon pernah denger tuh "orang bodoh" bikin pertanyaan macem
gini?! Kalo nyang namenye pinter ame sok pinter kayaknya jauh....tapi kalo tahu
ame sok tahu itu rada-rada deket (berarti kang Didit tahu dong...)

  Karena saya juga bego dalam hal ini, mendingan saya kalo ketemuan ame bang
Amal ane langsung lihat aje ah jurus nyang asimilasi....biar tambah elmu.

  salam,

  wans
  nb: apa karena bang Amal putih banget ye....apa dia masih turunan Cheng Ho ye?
  (abis kalo minum kopi....keliatan lewat tenggorokannye saking putihnye....)
  eddi kurnianto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  amal ihsan wrote:
"Tetapi bukan berarti penduduk lokal tidak memiliki skill beladiri asli.
Kalo
melihat sejarah beberapa aliran beladiri asal Cina, spt Beksi, Mustika
Kwitang dll, sejarahnya hampir sama. Jagoan lokal bertemu pendatang Cina"

pertanyaannya jadi sama. jagoan lokal itu akar silatnya seperti apa? apakah
sunda atau jawa tengah atau pendatang swarnadipa? karena tiga kelompok
itulah yang menghuni wilayah betawi saat itu.
kalau orang betawi punya banyak maenan itu semua tahu, setiap wilayah betawi
punya jawara dan maenan. tapi yang disebut maenan betawi itu akarnya dari
mana?

saya cenderung percaya suku betawi itu adalah hasil penggabungan beberapa
suku yang ada di wilayah itu, berarti juga budayanya juga hasil
penggabungan, silatnya juga pasti hasil penggabungan. Suku yang mendiami
wilayah betawi saat itu adalah suku Sunda (tidak selalu dari padjadjaran,
banyak kerajaan sunda tua yang tak kalah mumpuni ilmunya) yang tentunya
punya dasar ilmu sunda, ada suku pendatang pedagang yang kemudian menetap
(dari arab, sumatera, china) ada juga suku asing (belanda dan portugis) yang
kemudian membawa suku lain (bali, ambon, bugis dll).

Diantara para pendatang dan penduduk asli pasti memiliki beladiri dan
melalui adu maenan atau perkawinan atau pibu, terjadilah penggabungan
beberapa aliran beladiri. disatu kampung yang banyak warga cina mungkin
karakternya dekat ke kungfu, di daerah lain yang banyak penghuni imigran
bali karakternya juga lebih mirip silat jawa timuran, begitu juga di daerah
lain. karakter beladiri yang menggabung akan dipengaruhi oleh karakteristik
warga yang ada di wilayah (kampung) tersebut.

menurut saya pengaruh Silat dari kerajaan padjadjaran dan kerajaan sunda
lainnya pasti cukup besar bagi silat betawi, tapi karena sifat betawi yang
metropolis (metropolis berarti sebuah kota besar pusat atau ibukota dengan
wilayah-wilayah yang memiliki karakter budaya spesifik; misalnya ada wilayah
cinatown, pemukiman orang bali, griya tinggal orang eropa dst dalam sebuah
lingkungan kota) sejak dulu, pengaruh dari budaya pendatang lain mungkin
seimbang dengan budaya penduduk asli saat itu (sunda). Semua penggabungan
antar berbagai budaya itu membentuk budaya dengan ciri khusus dan spesifik.
budaya baru yang sampai sekarang disebut budaya betawi. kemungkinan Budaya
Betawi memang berusia lebih muda dari budaya lain, tapi karena budaya betawi
adalah hasil dari penggabungan beberapa budaya tinggi dan tua, kerumitan dan
kedalamannya jadi lebih kompleks dan beragam. Begitu juga karakter silat dan
beladirinya.

mungkin yang bisa menjawab ciri khas silat betawi hanya para sesepuh silat,
tapi buat saya keragaman aliran dan gaya dalam silat di betawi sendiri
sangat berharga. Jangan-jangan keragaman itulah yang menjadi ciri khas silat
di betawi. Saya sendiri terlalu bodoh untuk bisa menganalisa silat betawi.
walaupun saya belajar silat pada orang betawi, tapi akarnya malah dari silat
sunda... hehehe
saya yang bodoh ini cuma bisa berpendapat, silahkan para sesepuh
menambahkan.

didit yang sok tahu

wrote:

> Be a better friend, newshound, and
> know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.
> http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ

Jembatan Silaturahmi Pesilat Indonesia
http://www.silatindonesia.com (Situs Utama)
http://www.silatindonesia.com/pustaka/ (Archive Milis)
http://www.sahabatsilat.com/ (Webforum)
http://www.sahabatsilat.org/ (website English versioan)
http://silatindonesia.multiply.com (Blog Foto)
http://silat.4-all.org (Milis)

Anda juga bisa bergaung dengan Forum diskusi di alamat:
http://www.silatindonesia.com/forum/

KOMUNITAS PENCAK SILAT INDONESIA