On Tue, Dec 02, 2003 at 03:37:28PM -0800, Dwi Nugroho wrote:

> 3. Untuk mengkonek-kan dengan internet sekaligus mengechek apakah email
> dari luar keterima di fetchmail saya, saya menggunakan perintah :
>         # fetchmail -a
>     dengan perintah tersebut dapat terlihat bahwa koneksi dengan
> mail.isp.com lancar dan email dari luar dapat diterima dengan baik di situ.
>
> Tapi permasalahannya adalah setiap kali saya coba check mail dari mail
> client, selalu tidak ada email. Kira-kira dimana kesalahan saya ? apakah ada
> yang kurang atau salah ?

Fetchmail secara default akan meneruskan email yang didownload ke port
25 (SMTP) localhost, kecuali parameter mda didefinisikan, maka akan
dideliver secara lokal menggunakan LDA (procmail/binari sendmail).
Jadi pastikan di localhost anda minimal ada LDA yang terkonfigurasi.

Sekedar saran, untuk testing anda bisa menggunakan argumen -k (keep)
di fetchmail agar email tidak dihapus dari server.

Satu lagi, mungkin anda membutuhkan pop3 daemon untuk melayani
user-user anda agar bisa membaca email menggunakan MUA favorit mereka,
kecuali memang anda anjurkan untuk SSH ke server dan mulai menggunakan
mutt hehe :-)

 Asfihani