Assalamu'alaikum wr. wb.

On Wed, Dec 03, 2003 at 07:25:33AM +0700, Dhismas W wrote:
> Dear all,

Pertama-tama saya ingatkan untuk tidak mengirim pertanyaan baru dengan
cara mereply posting yang ada terus diganti subjectnya. Karena dengan
begitu email anda mengacaukan fasilitas threading (masuk ke sub-thread
pertanyaan orang) sehingga kemungkinan besar tidak akan dibaca/dijawab
oleh orang yang membaca dengan MUA (Mail User Agent) yang pakai
threading (mutt, evolution, netscape mail dsb). Dan biasanya orang yang
begitu cukup ahli tentang masalah e-mail.

> saat ini kami berlangganan hosting email ke satu ISP.
> total ada sekitar 40 email. Masing-masing user
> mendownload dan mengirim emailnya langsung dengan
> pop3 dan smtp ISP.

> Saya ingin supaya server local (LAN) kami mendownload
> dulu email-email tersebut, baru kemudian masing-masing user
> mendownload dengan email client ke masing-masing
> komputer dengan mengarahkan pop3-nya ke server LAN.

Untuk mendownload email (POP/IMAP) bisa pakai fetchmail.
Silakan pelajari man fetchmail.

> Kemudian untuk mengirimkan email, user juga menggunakan smtp
> di local (LAN).

> Kira-kira software email apa yang cocok untuk kebutuhan tersebut
> untuk linux (mandrake) apa?

Untuk kirim e-mail secara anda bisa gunakan postfix yang diinstall
default di Mandrake.

Masalahnya bukan softwarenya tapi cara configurasinya.
Anda harus banyak belajar. Silakan pelajari dulu dokumentasi
program-program diatas.

> Salam
> Dhismas

Wassallam,

-- Zakaria
Private: [EMAIL PROTECTED]     Yahoo!: z4k4ri4
   http://pemula.linux.or.id