On Wed, Dec 03, 2003 at 10:40:29PM +0700, itang saja-lah wrote:
> Tadinya sih pake mutt, (seperti yg sekarang ini) keh keh keh...
> tapi lantaran pusing karena setiap ngirim email yg di "signed"
> dgn menggunakan GnuPG, emailnya (bila dilihat melalui email client
> yg selain mutt), pasti selau ter-attach ;(
> Jadinya sekarang beralih ke pine. Tapi kalo ngambil dan membaca email
> masih tetap pakai mutt.
Alasan kenapa mutt pakai pgp/gpg terattach:
http://www.fefe.de/muttfaq/faq.html, pada bagian "Some user complained
that my pgp messages are attachments", tentu saja kunjungi juga link
rfc2015 yang bersangkutan untuk lebih jelasnya

> Ngomong2 punya solusi ndak supaya kalo ngirim email yg ber-GnuPG
> tidak ter-attach bila dilihat melalui email client lain?
Saya menggunakan mutt 1.5.4. Lihat di dokumentasi yang disertakan (di
debian di direktori /usr/share/doc/mutt/html) bagian "6.3 Configuration
variables" pada variabel "pgp_create_traditional" dan variabel-2 lain
yang bersesuaian:-)

--
Website: www.jroller.com/page/gwijayas