Definisi SUSAH:
Kondisi yang menghambat dalam mencapai suatu tujuan tertentu dikarenakan
permasalahan yang tertentu pula

Kritik mas Frans memang wajar, tajam, lugas, akurat. Jadi ini adalah
sebuah proses pembelajaran bagi individu (yang bertanggung jawab
terhadap linux.or.id), dan komunitas, untuk lebih meningkatkan awareness
kita terhadap persaingan frontal dengan Microsoft.

Tapi ada titik gelap yang harus mas Frans sadari bahwa lebih dari 90%
praktisi IT dan pengguna komputer mula dan awam mengenal sistem operasi
windows, dan cara mengoperasikannya. Dan hanya belasan persen dari
mereka yang mengetahui linux, dan sedihnya lagi hanya sekian persen
(kurang dari 4% dari belasan persen tsb yang bisa mengoperasikannya)

Jadi, untuk menuding bahwa komunitas Linux itu egois, adalah sesuatu
yang kurang tepat dan sangat sarkastis (walaupun dalam ucapannya yang
keras, mas Frans selalu menyisipkan smiley). Sadarilah bahwa popularitas
sebetulnya dibangun karena image (citra -red), sistem marketing, lalu
kekuatan produk, dan dukungan purnajual.

Memalukan? Mungkin belum sampai tahap itu ya... Karena memalukan berarti
kan memberikan aib bagi empunya OS Linux.

Kata yang tepat mungkin: JENUH!!!!!

Jenuh? Yah, jenuh karena kembali lagi kepada jargon popularitas
tersebut. Ditribusi linux tidak satu, layanannya pun berbeda-beda ada
yang stabil ada yang musiman, dukungan purnajual pun hanya sedikit
distro yang memuaskan. Walaupun kekuatan produknya bisa diandalkan.
Semua ini menjadikan linux tetap menjadi OS komersil no.2, dan OS gratis
no.1.

Intinya dalam menghadapi kejenuhan ya totalitas membangun (siapa yang
mau? Mas Frans mungkin?). Linus Torvalds aja kerja di Transmeta, sampai
dia diketawain Steve Jobs (CEO Apple), & Steve Ballmer (CEO Microsoft).