Ethernet card yg mendukung 802.1q apa saja ya?

Apakah 802.1q di linux compatible tidak dengan switch 802.1q yg ada
(cisco, nortel etc) ?

Dan saya juga masih agak rancu dengan vlan,
hmmmmm, kalau misalnya ada ip yang satu subnet dengan vlan 802.1q
tersebut tapi
tidak menggunakan ethernet atau switch yg tidak ada 802.1q nya, apakah
masih bisa terhubung?

lordsanjay