> Ethernet card yg mendukung 802.1q apa saja ya?

Mesti lihat spek. Kayaknya ethernet card yg dikhususkan utk server ada
802.1q-nya semua.

> Apakah 802.1q di linux compatible tidak dengan switch 802.1q yg ada
> (cisco, nortel etc) ?

Compatible, karena namanya saja sudah dot one que (802.1q) sudah standar,
dulunya masih proprietary cisco.

> Dan saya juga masih agak rancu dengan vlan,
> hmmmmm, kalau misalnya ada ip yang satu subnet dengan vlan 802.1q
> tersebut tapi
> tidak menggunakan ethernet atau switch yg tidak ada 802.1q nya, apakah
> masih bisa terhubung?

Ethernet yg 802.1q hanya diperlukan bagi komputer yang akan melakukan vlan
tagging, jadi utk anggota2 didalam vlan/subnet tidak perlu.