On 06-May-2004, lordsanjay wrote:
> Karena yang ditanya adalah firewall, command di atas tentu cukup
> pokoknya set default drop, lalu set yang boleh lewat

Yg menjadi masalah adalah gimana kita yakin kalo clientnya itu adalah
benar yg dia klaim. Misalnya saya assume si bos IPnya 1.2.3.4 lalu
saya allow IP tsb lewat, tapi gimana saya yakin kalo yg pake IP
1.2.3.4 itu adalah si bos dan cuma si bos?

Kalo anda bilang "kalo gitu dilimit pake MAC address aja", same
problem, saya bisa ganti MAC address saya juga.

Dulu saya pernah punya problem serupa, tapi requirementsnya utk HTTP
saja keluar ke internet, jadinya saya pake squid dan authentication
(login/password).

> kalau mau set penggunaan ip juga, ya mesti pake DHCP dengan mac address
> assignment

DHCP tidak memaksa. Saya bisa set IP address ke apa saja tanpa harus
menggunakan DHCP, regardless anda setup DHCP server atau nggak.

Ronny

--
My public key is available at http://ronny.haryan.to/publickey.asc