From: Ronny Haryanto [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, May 06, 2004 1:20 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [tanya-jawab] firewall dengan mac address dan ip address

Yg menjadi masalah adalah gimana kita yakin kalo clientnya itu adalah
benar yg dia klaim. Misalnya saya assume si bos IPnya 1.2.3.4 lalu saya
allow IP tsb lewat, tapi gimana saya yakin kalo yg pake IP 1.2.3.4 itu
adalah si bos dan cuma si bos?

Kalo anda bilang "kalo gitu dilimit pake MAC address aja", same problem,
saya bisa ganti MAC address saya juga.

Dulu saya pernah punya problem serupa, tapi requirementsnya utk HTTP
saja keluar ke internet, jadinya saya pake squid dan authentication
(login/password).

> kalau mau set penggunaan ip juga, ya mesti pake DHCP dengan mac
> address assignment

DHCP tidak memaksa. Saya bisa set IP address ke apa saja tanpa harus
menggunakan DHCP, regardless anda setup DHCP server atau nggak.