Hi,
saya mempunyai satu mail server dan satu dns server.
MX pada dns server, tentu saja di arahkan ke ip dari
mail server. Nah pada saat-saat tertentu, setelah di
check log, ada suatu koneksi dari DNS server ke mail
server, pada DNS server terbaca menggunakan port dns
(53) sedangkan yang merespons pada mail server
menggunakan port besar (pada kasus saya diatas
35000).Log tersebut di dapat dari mail server. Nah
pertanyaannya :
1. Apa tujuan dari koneksi tersebut, apakah memang DNS
server secara umum dalam kurun waktu tertentu akan
melakukan check-ing terhadap MX nya ?
2. Apabila port di mail server memang di blok, apakah
dampak yang akan terjadi ?, saat ini memang dalam
keadaan di blok, dan belum ada tanda-tanda apapun
terhadap kerusakan sistem.

FYI. DNS menggunakan bind

=====
Senopati ing Alogo