On Monday, January 24, 2005 5:15 PM, Rio Martin wrote:

---[delete]---

>3. Apakah proxy ISP yang kita pakai ini juga memiliki respon HIT yang baik,
>minimal better than proxy yang kita buat saat ini ?

Bung Rio & LinuXers, bgm cara setting di squid proxy yg baik spy respon
HIT-nya tinggi? Skrg ini saya setting sbb:

Proxy server A (172.16.1.6):
cache_peer 210.210.145.1 parent 8080 3130 default
cache_peer 172.16.1.5 sibling 8080 3130 round-robin

Proxy server B (172.16.1.5):
cache_peer 210.210.145.1 parent 8080 3130 default
cache_peer 172.16.1.6 sibling 8080 3130 round-robin

FYI, 210.210.145.1 adl IP proxy provider. Sebelum menggunakan opsi default,
saya menggunakan opsi round-robin & no-query. Tapi setelah dicek di
access.log, kedua opsi tsb tdk menghasilkan respon HIT yg memuaskan. Begitu
jg yg ketiga ini (opsi default).

Saya ingat posting dr Sdr.Arief Yudhawarman yg bereksperimen dng SQUID 2.5 &
SQUID 2.4. Menurut beliau, dng squid.conf yg sama, hasilnya lebih memuaskan
(mostly HIT) SQUID 2.4 ketimbang SQUID 2.5. Hal ini jg yg terjadi pd proxy
squid saya. Apakah versi memang pengaruh ? Saat ini saya menggunakan SQUID
2.5.STABLE1 bawaan RH 9.

Jadi sebaiknya, apa saja yg hrs diperhatikan di sisi saya selain versi SQUID
? Apakah cukup dng setting spt di atas ? Lalu apa ada yg hrs diperhatikan di
sisi provider ? Dalam arti, semaksimal apapun setting squid proxy di sisi
saya, akan useless jk tdk disinkronkan dng setting di sisi provider. Bukan
begitu ? Misalkan ICP port provider bukan 3130. Atau mungkin ICP port sama
sekali tidak dibuka.

Demikian dr saya. Semoga Bung Rio & LinuXers yg lain bersedia menjawab
pertanyaan saya. Akhir kata, sebelum & sesudahnya, saya ucapkan banyak
terima kasih.

Salam,
Eric Gunadi