Dear all,
Selama ini saya menggunakan postfix untuk mail server intranet dengan IP
Private. Next saya ingin menjadikan mail server tersebut sebagai mail server
internet dengan IP Publik. Pertanyaan saya :
1. Bisakah saya tetap menggunakan IP Private tersebut untuk mail server
intranet dan sekaligus menggunakan mail server yang sama untuk internet
dengan IP Publik? Kalo bisa gimana caranya? Karena kalo semua email
(termasuk email intranet) harus routing ke internet dulu tentu aksesnya akan
menjadi sangat lambat.
2. Karena menggunakan IP Private, selama ini saya membuat subdomain untuk
pengelompokan email address dengan cara menggunakan 1 IP Address untuk
setiap subdomain. Misalnya : 192.168.0.210 untuk finance.abc.com,
192.168.0.211 untuk accounting.abc.com. Nah kalo menggunakan IP Publik tentu
hal tersebut akan sangat boros sekali. Adakah metode lain yang digunakan
untuk membuat subdomain agar tidak boros IP Publik...?

Mohon pencerahannya..
Terima kasih sebelumnya

Salam
Budi