On Tue, Sep 13, 2005 at 06:11:47PM +0700, avudz wrote:
> DH Ronny,

> --- iya mas, saya juga ga terlalu melihat untung nya menerapkan SPF
> apalagi untuk mail server kecil saya ;-) kayak nya SPF ini lebih cocok
> di bilang menguntungkan pihak lain aja, ex, yahoo / hotmal / aol dll.

Untungnya SPF mirip seperti untungnya punya backup. Punya backup baru
mensyukuri pas udah ada disaster :-), kalo semua pake SPF bisa
mensyukuri karena tidak sampai terjadi disaster :-)

Contoh disaster yg bisa dicegah dg SPF misalnya domain "joe job"-ing.
Misalnya anda punya domain example.org, dan misalnya saya spammer yg
mengirim spam dg non-existant return address [EMAIL PROTECTED]
Bayangin bounce yg anda dapatkan dr spamnya, plus double-bounce yg
menuh2in queue anda karena [EMAIL PROTECTED] tidak ada. Tapi kalo semua
pihak terlibat pake SPF, maka begitu spammer mulai mengirim langsung
ditolak di level SMTP oleh penerima karena saya tidak bisa membuktikan
bahwa saya bener2 example.org. Satu potential disaster tercegah.

Kalo yg anda bilang di atas itu cuma soal besar kecilnya kemungkinan
domain anda dipake oleh spammer utk forgery, cuma masalah waktu aja.

SPF terlalu banyak dibahas untung ruginya tapi jarang yg mau memulai,
jadi seperti ayam dan telur, catch-22, mana yg duluan saling menunggu.
Kalo saya bilang udah pake aja dulu, selama mengerti potential
problems dan cara mengatasinya (e.g. forwarding dan SRS).

Ronny