On Thu, 23 Feb 2006 20:52:09 +1100
 Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> file apapun

> Apakah sebelumnya sudah ada oracle client versi yg lain?

Celakanya memang pernah install yang versi 10.2. Tapi sudah
diuninstall sebelumnya.

> Coba 'which
> sqlplus' lihat dia panggil yg mana, apa sudah betul.

Memang ada 2, di /usr/bin dan di $lokasi_install/bin
Tapi meski di hapus yang di /usr/bin (dioverwrite dengan
yang dari lokasi instalasi), tetap sama juga.

> Trus dicoba jalanin pake strace sqlplus, utk liat dia
nyari apa.

Hasil strace, program sqlplus nyari file
/etc/ld.so.nohwcap.
Nggak tahu file apa itu, dan nggak ditemukan di directory
itu. Tapi kok pesan errornya misleading banget ya,
sp<lang>.msb not found ?.

> Aneh kalo dia nyari .msb padahal tidak disertakan. Kalo
> memang tidak
> disertakan maka tidak seharusnya dia nyari. Kecuali kalo
> dia nyarinya
> hanya kalo suatu parameter/environment tidak diset dg
> benar.
>
> Udah coba set ORACLE_SID?

Kelihatannya ini untuk install database server, bukan
client.

> Kalo saya sih gak akan maksain dr rpm dijadiin deb kalo
> memang di
> debian ya saya pake yg aslinya deb (gak ada kali ya),
> atau langsung
> aja yg tar.gz (ada?).

Namanya juga uncertified platform, nggak ada paket deb yang
tersedia. tgz juga nggak ada.