On Thu, Feb 23, 2006 at 05:26:47PM +0700, Solikhin wrote:

> Kelihatannya ini untuk install database server, bukan
> client.

Saya dulu pernah ada masalah (lupa tepatnya apa), dan setelah diset
ORACLE_SID jadi bisa. Tapi bukan berhubungan dg servernya, tapi
sebagai client connecting ke server lain. Gak ada salahnya dicoba.

sqlplus walaupun menerima parameter utk connect ke server yg mana,
kalo saya gak salah ingat dia masih nyari ORACLE_SID ini utk connect
ke defaultnya. Kurang lebih seperti itu, mungkin gak tepat penjelasan
saya. In any case, saya rasa gak ada ruginya dicoba, cuma brp detik
aja.

Ronny