Dave Muhammad wrote:

----
Please reply bottom:
Justru saya juga ingin menanyakan, soalnya ada mailserver client saya
menggunakan persis dengan kasus 'rednux'
dan setahu saya baik qmail + Exim support maildir.
nah, yang perlu di konfigurasikan itu disisi mana ?> qmailnya atau Eximnya
?? agar kasus diatas dpt diatasi.

Sistem kerja MX 2 (backup) seharusnya diset hanya sebagai mail penampung, jadi yang harus disiapkan hanya queue yang besar dan diberikan relay untuk domain yang akan ditampung.

Proses pengiriman email ke MX 1 akan dilakukan oleh MX 2 secara otomatis, karena MX 2 akan mencari MX 1 dan jika ditemukan maka email akan terus diberikan ke MX 1 dan jika MX 1 masih bermasalah, maka email akan di simpan dalam jangka waktu tertentu (ini tergantung dari setting maximal_queue_lifetime) dan akan terus dicoba dikirim ke MX 1

.::~Semoga membantu~::.

--
Thanks,

                     \\\!!////