Hai milisers,

Ada yg tahu ebook atau dokumentasi kilat untuk memahami debian dr seorang
pemakai slackware/redhat ? Saya cuma ingin tahu padanan ini di debian:

1. Init script
   Di slackware, semua init script diletakkan di /etc/rc.d
   Bagaimana dg debian ? Saya lihat susunan directori-nya kayak redhat
   $ ls /etc/
   init.d       rc1.d   rc3.d   rc5.d   rcS.d
   rc0.d        rc2.d   rc4.d   rc6.d
   Tapi saya belum tahu nama tool untuk melihat service yg akan dijalankan
   saat boot ke init 3 (ini pemahaman saya kalau di slackware). Kalau di redhat
   kita bisa pakai perintah `chkconfig --list` untuk melihat service yg on/off.
   Biasanya di redhat/slackware, untuk menambahkan aplikasi/script agar
   dijalankan saat server boot, biasanya dituliskan di /etc/rc.d/rc.local
   Bagaimana dg debian ?

2. Instalasi software atau package management.
   Katanya debian cukup powerfull, kalau ada package yg kurang, otomatis
   dia akan download dg sendirinya. Repository yg lengkap dimana?

Wah, kok enakan cukup pakai satu distro saja tapi mendalami banget, daripada
belajar banyak distro, nanti jadi malah bingung sendiri .. ?

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~