On Mon, Jan 08, 2007 at 03:19:49PM -0800, Roesli, Reza Pahrevi wrote:
> saya tertarik d/ idenya...cuma saya ngga bisa masuk ke
> blog-nya u/ tahu cara setting-nya...

Mohon maaf Mas Reza, keliru kasih link, kebanyakan huruf 'f'.
Yang benar adalah

  http://awarmanf.wordpress.com

> bisa tolong kasih tahu cara setting :
> 1. modem adsl jadi mode bridge (saya pake aztech 305
> eu) ?
> 2. kenapa modenya harus diubah ke mode bridge ?
> 3. linux spy bisa jalanin bw dan quota management ?

Pakai tc (htb) dan buat script sendiri untuk menghitung
trafik internet/speedy. Untuk ini perlu pembacaan file
/proc/net/dev untuk quota management

Saat koneksi speedy up dg modem adsl sbg bridge,
coba jalankan perintah ini: cat /proc/net/dev|grep ppp0

Jalankan sekali lagi, apa kesimpulannya ?
Hasil pembacaan tsb menunjukkan kumulatif bandwidth downstream
dan upstream untuk satu session ppp0, kalau koneksi terputus
hilang datanya. Script saya cuma baca trafik itu, simpan
ke database (mysql), menampilkan ke layar untuk visualisasi,
dan lain2.

> terimakasih sebelumnya.

Sama-sama.

--