Halo,

2008/7/28 rednux <[EMAIL PROTECTED]>

> hi all
> saya baru memasang hdd eksternal 500GB (USB.2.0), dan sudah di partisi
> menjadi 1 partisi saja dan diformat (ext3)
> namun ada beberapa pertanyaan terkait hdd baru ini
>
> 1. Mengapa kalau copy/move file yang besar > 1GB misalnya cukup lama
> di move/copy ? dibanding dengan hdd yg terpasang internal, Apakah ada
> tips agar bisa lebih cepat ? soalnya saya monitor mentok 3 MB/s itupun
> cukup lama idle.

Harddisk eksternal memang lebih lambat dibanding internal. Ini paralel
dengan perbandingan kecepatan USB dengan kabel data IDE/SATA/SCSI

> 2. saya sudah mount (dgn tahapan)
> $ mount -t ext3 /dev/sdd1 /backup3
> $ e2label /dev/sdd1 /backup3
> lalu saya letakkan di fstab
> LABEL=/backup3          /backup3                ext3    defaults        1 2
>
> saat, reboot mesti error karena tidak dikenal fstab label=/backup3
> (apakah ini disebabkan karena koneksi via usb) sementara hdd tambahan
> yang lain (internal)  tidak ada masalah.

Ini Eksternal USB-nya selalu terpasang tidak ? Meskipun via USB,
sepanjang posisinya tidak berubah mestinya tidak masalah.

Kalau mau, reboot dan pastikan apakah /dev/sdd1 selalu diposisi
tersebut atau berubah-ubah atau malah tidak terdeteksi sama sekali ?

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID) : http://www.vavai.com/blog/index.php