On Mon, 28 Jul 2008 10:39:20 +0800, rednux <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> hi all
> saya baru memasang hdd eksternal 500GB (USB.2.0), dan sudah di partisi
> menjadi 1 partisi saja dan diformat (ext3)
> namun ada beberapa pertanyaan terkait hdd baru ini
> 1. Mengapa kalau copy/move file yang besar > 1GB misalnya cukup lama
> di move/copy ? dibanding dengan hdd yg terpasang internal, Apakah ada
> tips agar bisa lebih cepat ? soalnya saya monitor mentok 3 MB/s itupun
> cukup lama idle.

Merk HDD USB apa ya ? biasanya di spesifikasi terdapat informasi kecepatan
transfer data.

> 2. saya sudah mount (dgn tahapan)
> $ mount -t ext3 /dev/sdd1 /backup3
> $ e2label /dev/sdd1 /backup3
> lalu saya letakkan di fstab
> LABEL=/backup3          /backup3                ext3    defaults        1
> 2
>
> saat, reboot mesti error karena tidak dikenal fstab label=/backup3
> (apakah ini disebabkan karena koneksi via usb) sementara hdd tambahan
> yang lain (internal)  tidak ada masalah.
> mohon petunjuknya

Coba di buatkan manual 'mount' di rc.local '/bin/mount -t ext3 /dev/sdd1
/backup3' #asumsi kalau usb (/dev/sdd1 yg ada skrg) tidak dicopot dan
ditempat colokan usb lain,lalu reboot.

---Islam Searching---
Google Salaf Engine
www.gsalaf.com