jangan lupa pak...

dari sisi support:

anda beli windows itu cuman dapet email/telp support saja.
artinya kalo kena masalah, ya tanya per email/telp dimana yg menjawab
anda orangnya juga variasi.
ada yg emang ngerti masalah anda dan bisa diselesaikan dengan cepat.
tapi ada juga yg ngambang2 apalagi yg baru training bisa2 anda makin bingung.

gak bakalan mungkin teknisi microsoft mau ke kantor anda menyelesaikan
masalah windows anda!

sama aja anda 'beli' linux.
anda bisa email kesini dan banyak pakar2 linux siap membantu.
atau liat2 di signature kalo ada nomer telp bisa tanya2 dan biasanya
gak bayar. gratis.

jadi...
imho. dari sisi support bisa jadi linux lebih unggul.

dan biaya on-site support sepertinya sih gak beda antara windows-linux.

dan pengalaman saya sih user windows juga gak bakalan mau dikasih tau
kalo masalah begini solusinya begitu.
karna biasanya pengguna windows sudah terlalu dimanjakan dengan
kemudahan2 sampe popup antivirus yg sedang membersihkan komputernya
pun di cancel aja dan popup firewall yang hendak blok spyware pun di
allow aja....

kalo di liat dari sini, sekali lagi linux lebih unggul.
gak perlu ajarin user manja tentang firewall/virus/dsb....
dan gak perlu install ulang windows setiap bulan gara2
virus/spyware/malware/dsb...

praktis linux cukup sekali install. set and forget istilahnya....
maintenance yang diperlukan sangat minimal sekali.

dari kebutuhan memory sih tergantung apa yg di install.
misal kalo ikut petunjuk ini:
http://wiki.dennyhalim.com/ubuntu-minimal-desktop

bisa jalanin desktop di pentium2 dengan ram 128meg dengan performa
yang lebih baik daripada kalo terinstall xp.

rgds.dennyhalim.com
Mesin Cari Indonesia! http://indosearch.blogspot.com
on Polaris, news & updates. http://polaris.blogspot.com/ ; www.mypolaris.com

... they look but do not see and hear but do not listen or understand. Mat 13:13
... but that which cometh out of the mouth, this defileth a man. Mat 15:11