2009/3/24 Mamad <mamad.mi...@gmail.com>:
> Pagi teman-teman linuxer...
> Saya newbie. saya barusan install ubuntu dual os dengan windows. saya ada
> beberapa pertanyaan, mohon advicenya :
>
> 1. Urutan partisi.
> Saya install ubuntu menjadi 4 partisi (5 dengan swap) yaitu root, boot,
> home, dan opt. Ketika membuat partisi, urutan yang  saya buat yaitu boot,
> opt, home, root.
> Pertanyaan saya : Apakah ada 'ilmunya' untuk membuat urutan pembuatan
> partisi dari root sampai dengan swap? Dan  apakah ada kekurangan / kelebihan
> dengan pengurutan tersebut?

> [...]

1. Untuk boot loader jaman sekarang, saya rasa partisi bebas-bebas
saja. Sudah ga ada batasan /boot dibawah cylinder 1024.
2. Hapus saja kernel yang tidak terpakai, yaitu versi kernel yang
lebih rendah. Hapus nya jangan manual, pakai package manager ubuntu
dong.
3. biasanya grub diletakkan di partisi /boot. FIle konfigurasinya di grub.conf.