Waode Rahmawaktu wrote:
> Assalaamu'alaykum wa rohmatullah
>
> Halo, saya mau nanya nih gimana sih cara mengetahui bahwa software (yang
> berjalan di MS) itu bajakan dari sisi teknis nya (sebelum nanya langsung
> sama orang yang punya/menggunakan pc/notebook itu? misalnya :
>
> - os nya bajakan
> - adobe/corel nya bajakan
> - ms.office nya bajakan
> dll
>
> terimakasih semua :)
>
> wassalaamu'alaykum wa rohmatullah

Baca licence tiap OS dan aplikasi yang ada, lalu lakukan cross-check,
apakah ada yang dilanggar atau tidak.

Kalo nanya ama orangnya, tanyakan saja harga licence yang telah dia
bayarkan tahun ini, bandingkan dengan harga resmi. Tanya ke mana dia
membayar lisensi tersebut. Dengan ini langsung ketahuan, lisensinya
resmi atau tidak.

Lihat juga cara penggunaan. Windows misalnya, tidak boleh
digunakan/diakses oleh n user (lupa tepatnya, ada di EULA). Jadi
meminjamkan laptop untuk digunakan oleh orang lain yang belum beli
lisensi adalah pelanggaran EULA, walaupun yang memiliki telah membayar
lisensi.

CMIIW

--
Donny Kurnia