On Fri, 2009-04-03 at 13:06 +0700, ubuntu wrote:
> Sebenarnya selain untuk manajemen member dan voucher, captive portal
> dipakai untuk melindungi jaringan wifi dari MAC address spoofing karena
> MAC address klien bisa dirubah dengan tools MAC changer. Kalau pakai
> linux merubah mac address cukup dengan ifconfig.
>
> Jadi MAC address pengguna yang sah diduplikat untuk mendapatkan akses
> internet gratis. Sedangkan pemilik sah akan bentrok IP nya dengan
> pemakai MAC spoofing, dengan kata lain pemilik sah malah tidak bisa
> internet an karena bentrok IP nya.
>
> Apabila kita mengaktifkan WEP/WPA2 maka jarak jangkauan Access Point
> [...]

Mumpung lagi ngomong Wireless + Securitynya...
Adakah cara seseorang mengetahui IP di Network kita ?

Kasusnya begini:
Saya punya access point, sudah pakai WEP, tetapi masih bisa ditembus
juga... padahal saya nggak pakai/install DHCP-Server kok seseorang itu
bisa menggunakan/connect ke jaringan saya dan menggunakan Internet dari
wireless saya ?

Kalau memang bisa pakai tools apa ya ? terus pencegahannya apa? selain
masang hotspot...

Nyoman