2009/5/6 Andika Triwidada <and...@gmail.com>:

> Trafik padat itu sebesar apa? sudah pernah diukur?

Traffict padat yang kami pakai adalah menggunakan oracle app, upload
gambar intranet kami mencapai 4Mega per sekali upload di tiap client.

> Perlu dipertimbangkan bahwa kecepatan efektif jaringan wifi bisa jauh lebih
> rendah daripada jaringan kabel yang memakai switched hub. Wifi setara
> dengan jaringan kabel yang memakai shared hub [1].
>
> Saran saya sih tetap dipasang jaringan kabel, sementara wifi melayani
> node yang lokasinya lebih sulit dilayani (misalnya karena repot menggelar
> kabel menyeberang lantai).
>
> [1] http://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi_technical_information#How_it_works
>
> --
> andika

Terima kasih saran menggunakan kabel, memang idealnya menggunakan
kabel sih, namun rasanya bos gak mau tau...pengenya bersih gak ada
kabel!.

Atau gimana kalau sekiranya dipasang 1 AP untuk melayani 10 client,
kemudian satu lagi untuk 10 client lagi. Jadi total 2 AP, dan mesti
beda subnet ya?.
Berarti kalo beda subnet mesti pasang router lagi dong...

trim sebelumnya..