Henry GM wrote:
> kan saya tidak singgung masalah proxying mail (25) dan pop3 (110)
> melalui squid.

Yang nulis ini siapa?
Henry GM wrote:
> Squid di setting standart saja (acl, http_access, http_port, cache_mem,
> cache_mgr, visible_hostname) sudah bisa internetan termasuk email, chat
> dengan catatan setingan iptablesnya sudah bener baik jika pakai
> tranaparan proxy maupun tidak.

Dengan membaca tulisan di atas, saya berkesimpulan bahwa setelah
mensetting squid, saya jadi bisa berinternet termasuk email.

Tapi gini deh, demi memperjelas si penanya ada 2 point yang menurut saya
perlu dipertegas:
1. Squid adalah web proxy dan tidak ada sangkut pautnya dengan akses
email (kecuali akses ke situs webmail).
2. Untuk bisa ber-email menggunakan outlook (express), anda harus
memastikan router/firewall anda atau yang di atas anda tidak memblok
port 25 (email), 110 (pop3) atau 143 (IMAP).

Untuk memastikan yang point 2 tesebut, tergantung firewall anda
menggunakan apa? linux, bsd atau appliance cisco, juniper dll.

Semoga membantu