On Tue, 2009-07-14 at 14:09 +0700, Lukman HDP wrote:

> Yang nulis ini siapa?
>
> Dengan membaca tulisan di atas, saya berkesimpulan bahwa setelah
> mensetting squid, saya jadi bisa berinternet termasuk email.
>
> Tapi gini deh, demi memperjelas si penanya ada 2 point yang menurut saya
> perlu dipertegas:
> 1. Squid adalah web proxy dan tidak ada sangkut pautnya dengan akses
> email (kecuali akses ke situs webmail).
> 2. Untuk bisa ber-email menggunakan outlook (express), anda harus
> memastikan router/firewall anda atau yang di atas anda tidak memblok
> port 25 (email), 110 (pop3) atau 143 (IMAP).

> [...]

Hehehehehe.. yang jelas bukan saya pak, yang nulis itu :)

Malah saya berpikir bukan ke firewall, tp lebih ke NAT/MASQ pak...
Makanya di sini penanya perlu memperjelas lagi kondisi dilapangan,
berikut topology networknya.
Apa nantinya mesin squid/proxynya ini sekaligus jadi gateway untuk
jaringan LAN nya, apa cuma sebagai web caching saja ?

Nyoman